PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN JAHIT DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DI BALAI LATIHAN KERJA UNGARAN


Farizqi Ainur Rofik, 1201416056 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN JAHIT DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DI BALAI LATIHAN KERJA UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN JAHIT DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DI BALAI LATIHAN KERJA UNGARAN]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN JAHIT DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DI BALAI LATIHAN KERJA UNGARAN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis tingkat perbedaan hasil belajar peserta pelatihan jahit ditinjau dari kreativitas; (2) menganalisis tingkat perbedaan hasil belajar peserta pelatihan jahit ditinjau dari motivasi belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis data Mann Whitney U Test dan deskriptif persentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta pelatihan jahit modiste. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan data dan disajikan dalam bentuk persentase angka. Hasil dari penelitian ini perbedaan hasil belajar peseta pelatihan jahit ditinjau dari kreativitas dengan menggunakan analisis Mann Whitney U Test mendapatkan nilai (U) sebesar 0,000 dan nilai Wilcoxon W (W) sebesar 15,000 Nilai (Z) maka sebesar -3,153 Nilai Signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Pada perbedaan hasil belajar peseta pelatihan jahit ditinjau dari motivasi belajar, dengan menggunakan analisis Mann Whitney U Test mendapatkan nilai (U) sebesar 0,000 dan nilai Wilcoxon W (W) sebesar 21,000 Nilai (Z) maka sebesar -3,286 Nilai Signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Simpulan bahwa perbedaan hasil belajar peserta pelatihan jahit ditinjau dari kreativitas mendapatkan hasil mean rank sebesar 56 dinyatakan signifikan. Selanjutnya, yaitu perbedaan hasil belajar peserta pelatihan jahit ditinjau dari motivasi belajar dengan perolehan mean rank sebesar 53 dinyatakan signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Jahit, Kreativitas, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:56
Last Modified: 26 Nov 2020 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41700

Actions (login required)

View Item View Item