ANALISIS POTENSI WISATA PARALAYANG BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PARALAYANG (Studi Kasus di Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati)


Ngarji, 6211416111 (2020) ANALISIS POTENSI WISATA PARALAYANG BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PARALAYANG (Studi Kasus di Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS POTENSI WISATA PARALAYANG BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PARALAYANG (Studi Kasus di Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati)]
Preview
PDF (ANALISIS POTENSI WISATA PARALAYANG BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PARALAYANG (Studi Kasus di Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati)) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit Kecamatan Kayen merupakan salah satu lokasi wisata Kabupaten Pati. Rumusan masalah yang diuraikan dalam penelitian ini adalah; Apakah bisa Bukit Kendeng Utara di jadikan lokasi paralayang, serta; Apakah bisa standar operasional prosedur paralayang di terapkan di Bukit Kendeng Utara Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian Berada di Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Narasumber pertama penelitian ini dari Pengelola Wisata Bukit Kendeng Utara. Narasumber kedua dari Dinporapar Kabupaten Pati. Narasumber ketiga dari Ketua Federasi Aero Sport Kabupaten Pati. Teknik Pengumpulan data dengan teknik Triangulasi terdiri dari Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Bukit Kendeng Utara Desa Durensawit belum bisa dijadikan Lokasi Paralayang yang sesuai Standar Operasional Prosedur Paralayang. Meskipun ketinggian dan lokasi take off dan landing memadai untuk paralayang. Hanya beberapa pilot yang ahli yang bisa melakukan penerbangan paralayang di Bukit Kendeng Utara. Dari segi kondisi tanah, arah angin , akses jalan, infrastruktur, perizinan Olahraga Ekstrem, dan lisensi Pilot masih belum memadai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa memang ada potensi untuk paralayang di Bukit Kendeng Utara. Namun belum bisa dijadikan sebagai pariwisata paralayang. Dilihat dari kondisi alam masih belum memadai untuk wisata paralayang. Dan masih perlu banyak perbaikan jika memang akan di kembangkan sebagai objek wisata paralayang. Mengingat di Kabupaten Pati memiliki banyak lokasi perbukitan, peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya meneliti di lokasi lain seperti, Bukit Jolong, Kedumulyo, dan bukit lain di Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Potensi Wisata, Olahraga Ekstrem, SOP Paralayang
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:27
Last Modified: 26 Nov 2020 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41699

Actions (login required)

View Item View Item