PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH 04 SEMARANG


Riezki Amelia, 1201416012 (2020) PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH 04 SEMARANG]
Preview
PDF (PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH 04 SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Aisyiyah 04, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Aisyiyah 04, dan (3) Mendeskripsikan penilaian pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Aisyiyah 04. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala KB, guru, dan orang tua peserta didik. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini yakni menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran BCCT yang terdiri dari perencanaan pembelajaran yang disusun sesuai kurikulum 2013 yang meliputi Perencanaan Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Perencanaan kelas menggunakan model pembelajaran sentra dan metode pembelajaran menggunakan metode diskusi, bercerita, demonstrasi, bermain peran, ceramah, bernyanyi, pemberian tugas, dan outclass atau karyawisata. Perencanaan pembelajaran disusun untuk pencapaian perkembangan dan pembiasaan karakter islami peserta didik. (2) pelaksanaan pembelajaran BCCT terdiri dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Materi pembelajaran terdiri dari dua macam yakni materi pengetahuan dan materi pembiasaan karakter islami. Tempat pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di dua tempat yakni di dalam kelas dan diluar kelas. (3) penilaian pembelajaran BCCT menggunakan penilaian harian yang dilakukan dengan teknik observasi atau pengamatan kepada peserta didik dan pelaporan hasil penilaian peserta didik dalam bentuk tertulis yang disampaikan kepada orang tua dalam kurun waktu semester. Simpulan penelitian penyelenggaraan pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di KB Aisyiyah 04 berjalan dengan baik. Disarankan agar lebih memperhatikan waktu dalam pergantian kelas peserta didik ketika akan melanjutkan kegiatan untuk memasuki kelas sentra dan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran agar lebih dikembangkan lagi sehingga lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Nov 2020 02:27
Last Modified: 26 Nov 2020 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41697

Actions (login required)

View Item View Item