HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR


Dody Nugraha, 6211415018 (2020) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Game online sering dituduh memberikan pengaruh terhadap anak-anak. Faktanya, game online mempunyai manfaat yang positif bagi anak. Diantarnya, anak mengenal teknologi komputer, belajar mengikuti aturan dan pengarahan, latihan memecahkan masalah dan logika. Kemampuan motorik dapat ditingkatkan melalui aktivitas bermain bagi anak-anak. Aktivitas sehari-hari seperti bermain akan mempengaruhi pertumbuhan postur tubuhnya dari masa anak-anak sampai dewasa nanti. Karenanya kemampuan motorik sebaiknya diketahui, dibenahi dan baiknya ditingkatkan sejak dini agar pertumbuhan anak dapat berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online terhadap kemampuan motorik kasar. Selama ini belum adanya data tentang intensitas bermain game online terhadap kemampuan motorik kasar. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode ini menggunakan survey, kuisioner dan tes motor ability. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini siswa SDN Sekaran 02 Kota Semarang, sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas atas. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu intensitas bermain game online serta variabel terikat yaitu kemampuan motorik kasar. Instrumen kuisioner menggunakan skala Guttman dan tes motor ability untuk kemampuan motorik kasar yaitu tes kelincahan, koordinasi, keseimbangan dan kecepatan 30 meter. Data dianalisis dengan menggunakan Uji regresi linier sederhana produk moment. Hasil penelitian regresi linier sederhan sebesar 0,467 dengan tingkat signifikansi 0,007 maka 0,007 < 0,05 dengan kata lain ada hubungan antara intensitas bermain game online terhadap kemampuan motorik kasar. Dari perhitungan regresi linier sederhana dapat dijelaskan kontribusi intensitas bermain game online terhadap kemampuan motorik kasar sebesar 21,8%. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan dan pembahasannya ada hubungan antara intensitas bermain game online terhadap kemampuan motorik kasar siswa sekolah dasar, bahwa intensitas game online terhadap kemampuan motorik kasar siswa sekolah dasar mempunyai hasil yang segnifikan artinya ketika intensitas game online meningkat maka kemampuan motorik kasar mempunyai nilai yang menurun. Kekuatan hubungan berkategori antara intensitas game online terhadap kemampuan motorik kasar berkategori cukup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas bermain, game online, kemampuan motorik kasar, siswa sekolah dasar.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2020 02:09
Last Modified: 26 Nov 2020 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41693

Actions (login required)

View Item View Item