PEMBELAJARAN TARI KREASI SRINTIL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA ANAK DI DUSUN CEPOKO DESA CANGGAL KABUPATEN TEMANGGUNG


Muchamad Thoha, 1601416037 (2020) PEMBELAJARAN TARI KREASI SRINTIL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA ANAK DI DUSUN CEPOKO DESA CANGGAL KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1601416037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran tari kreasi srintil dapat meningkatkan sikap kerjasama pada anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun di dusun Cepoko desa Canggal kecamatan Candiroto kabupaten Temanggung sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan skala kerjasama anak dengan jumlah 50 item valid yang sebelumnya sudah di uji cobakan dilapangan. Teknik analisis data yaitu dengan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan paried sample t-test. Seluruhnya dihitung dengan SPSS IMB 20. Tingkat kerjasama anak sebelum adanya pembelajaran tari kreasi srintil menunjukan dalam kategori sangat rendah 16% dan kategori rendah 63% dan katgori tinggi 21%. Setelah adanya pembelajaran tari kreasi srintil meningkat menjadi kategori tinggi 59%, sangat tinggi 28% dan kategori rendah 13%. Berdasarkan hasil perhitungan Paired Sample T-Test diperoleh thitung 9,785 > ttabel 2,039 dengan nilai signifikansi 0,000, maka HO ditolak dan HA diterima, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest dengan kata lain ada pengaruh pembelajaran tari kreasi srintil terhadap peningakatan sikap kerjasama anak. perbedaan nilai signifikansi dapat dilihat dari hasil nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya dengan pembelajaran tari kreasi srintil dapat meningkatkan sikap kerjasama anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Kreasi Srintil, Kerjasama, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:52
Last Modified: 26 Nov 2020 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41686

Actions (login required)

View Item View Item