PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI PATEMON 01 KOTA SEMARANG


Arina Urnika, 1401416476 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI PATEMON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416476.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan berupa kurangnya penggunaan media interaktif untuk muatan pembelajaran PPKn materi keberagaman budaya Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain media, dan mengetahui kelayakan multimedia materi keberagaman budaya Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Yang hanya menggunakan 5 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) Produk Akhir. Subjek penelitian adalah validasi ahli materi, media dan guru (user), teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia berbasis adobe flash diuji kelayakannya dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan user (guru). Hasil dari ahli materi kelayakan media memperoleh skor 97,5 (sangat layak), ahli media tahap I memperoleh skor 90% (sangat layak) dengan catatan perbaikan pada tahap II memperoleh skor 93,3% (sangat layak), penilaian dari user (guru) memperoleh skor 99% (sangat layak) sehingga multimedia interaktif berbasis adobe flash materi keberagaman budaya Indonesia layak diuji cobakan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajara multimedia interaktif berbasis adobe flash layak digunakan untuk pembelajaran di kelas IV SD Negeri Patemon 01 materi keberagaman budaya Indonesia muatan PPKn. Saran bagi guru supaya guru memanfaatkan kelayakan media yang telah dikembangkan oleh peneliti dan menggunakannya saat pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, Keberagaman budaya Indonesia, Multimedia
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:47
Last Modified: 26 Nov 2020 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41684

Actions (login required)

View Item View Item