PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 KARANGRAYUNG


Anggit Setiyo Hari, 1401416298 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 KARANGRAYUNG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416298.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia adalah kurikulum wajib di sekolah dasar karena dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas IV di SD Negeri 6 Karangrayung, diketahui permasalahan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu kemampuan menulis siswa masih rendah pada materi menulis teks nonfiksi. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran kurang menarik dan belum menerapkan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain media lift the flap book (LFB), menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media LFB terhadap keterampilan menulis kembali teks nonfiksi siswa kelas IV SD Negeri 6 Karangrayung. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan teori Borg dan Gall meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian R&D meliputi analisis data awal dengan Uji normalitas (Lilliefors), serta analisis data akhir dengan Uji paired sample t-test dan Uji N-gain. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) media LFB dinyatakan sangat layak digunakan dengan penilaian kelayakan media sebesar 87% dan kelayakan isi materi sebesar 92%; (2) pengujian hipotesis statistik dengan rumus paired sample t-test menunjukkan thitung (9,219) > ttabel (2,447) maka Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil keterampilan menulis kembali teks nonfiksi dengan menggunakan media LFB; (3) Hasil uji coba skala kecil memperoleh rata-rata nilai pada tes awal 57,29 dan meningkat setelah tes akhir menjadi 75. Jika dilihat dari uji peningkatan rata-rata (N-gain) didapat nilai 0,414 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu (a) pengembangan media LFB pada materi teks nonfiksi dinyataksan layak berdasarkan penilaian kelayakan media dan materi, (b) melalui uji keefektifan, media LFB efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis kembali teks nonfiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Saran penelitian selanjutnya yaitu pengembangan media LFB dapat disesuaikan dengan ragam model belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lift the flap book, menulis kembali, teks nonfiksi, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:43
Last Modified: 26 Nov 2020 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41683

Actions (login required)

View Item View Item