PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MUPEL BAHASA INDONESIA KELAS II SDN KEDUNGPANE 02 SEMARANG


Tika Irmaningsih, 1401416243 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MUPEL BAHASA INDONESIA KELAS II SDN KEDUNGPANE 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416243.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu fungsi dari pembelajaran bahasa Indonesia yaitu agar siswa memiliki kemapuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai etika yang berlaku, baik dalam komunikasi secara lisan maupun tulisan serta agar siswa dapat menghargai dan bangga dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat menarik minat peserta didik, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif, dan menyenangkan. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini terjadi pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas II SDN Kedungpane 02 Semarang, dari 29 siswa terdapat 15 siswa yang tidak tuntas di bawah KKM (55,17%) dan 14 di atas KKM (44, 12%), dan belum adanya media pembelajaran yang inovatif serta menarik perhatian siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media dan menguji kelayakan media permainan monopoli dalam model pembelajaran Scramble untuk muatan bahasa Indonesia materi mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan huruf kapital, tanda titik dan tanda tanya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kedungpane 02 Semarang yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu teknik nontes berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data produk, dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Model Pembelajaran Scramble untuk Mupel Bahasa Indonesia Kelas II SDN Kedungpane 02 Semarang layak di gunakan, berdasarkan dari penilaian ahli media dan ahli materi dengan persentase kelayakan materi 89,2% dan persentase kelayakan media 98,2%, serta tanggapan guru sebesar 86,8% dengan kategori sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media permainan monopoli dalam model pembelajaran Scramble layak di gunakan pada muatan bahasa Indonesia materi mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan huruf kapital, tanda titik dan tanda tanya. Saran dalam penelitian ini adalah agar media ini dapat di gunakan sebagai salah satu media yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media; permainan monopoli; muatan pembelajaran Bahasa Indonesia, model pembelajaran Scramble
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:40
Last Modified: 26 Nov 2020 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41679

Actions (login required)

View Item View Item