PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MONTASE BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SISWA SKOLAH DASAR KELAS IV


Ririn Ariyanti, 1401416124 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MONTASE BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SISWA SKOLAH DASAR KELAS IV. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia tidak hanya terfokus pada pengetahuan dan keterampilan saja. Melainkan fokus pada perubahan watak dan karakter siswa. Berdasarkan hasil kegiatan pra penelitian di SDN Wringinputih 02, diperoleh hasil bahwa terbatasnya media buku cetak yang berbasis nilai-nilai karakter khususnya pada muatan SBdP materi montase. Sehinga diperlukan pengembangan buku pengayaan montase bermuatan nilai-nilai karakter untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan, membuat dan menguji kelayakan media pembelajaran berupa buku pengayaan montase bermuatan nilainilai karakter. Media dirancang dan dibuat dengan mengkombinasikan berbagai macam obyek seperti teks, gambar dan ilustrasi yang menarik. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kombinasi kuantitatif-kualitatif. Jenis metode penelitian menggunakan metode Research and Development Level 1 model Sugiyono yang terdiri dari 6 langkah. Adapun tahap - tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) produk akhir desain teruji. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan angket. Pada tahap validasi melibatkan ahli materi, media, bahasa, dan praktisi. Praktisi dalam penelitian ini merupakan guru kelas IV SD N Wringinputih 02. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah rancangan produk berupa buku pengayaan montase bermuatan nilai-nilai karakter. Desain buku pengayaan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Hasil pengujian internal oleh 3 dosen sebagai validator ahli. Dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 87% (sangat layak), ahli media sebesar 83,3% (sangat layak), ahli bahasa sebesar 70% (layak), serta penialaian oleh praktisi yaitu guru kelas IV SD N Wringinputih 02 sebesar 95% (sangat layak). Hasil pengujian internal secara keseluruhan dari semua responden adalah 84% dengan kategori sangat layak dengan revisi. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran buku pengayaan montase bermuatan nilai-nilai karakter layak digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran serta mampu membantu siswa belajar secara mandiri. Buku pengayaan montase ini alangkah lebih baik jika dapat dikembangkan lagi sesuai tahapan penelitian pengembangan sampai tahap uji coba lapangan sehingga bisa diproduksi secara massal dan dapat digunakan secara umum dalam suatu kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, montase, nilai karakter, SBdP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:17
Last Modified: 26 Nov 2020 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41676

Actions (login required)

View Item View Item