HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMK DI SEMARANG UTARA


Etika Meiranti, 1301416037 (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMK DI SEMARANG UTARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1301416037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Resiliensi akademik penting untuk dimiliki oleh siswa dalam menjalani proses akademiknya. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan adanya resiliensi akademik yang rendah, sedangkan kecerdasan spiritual yang cenderung tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan spiritual dan resiliensi akademik siswa SMK di Semarang Utara, serta hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa SMK di Semarang Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan ada 283 siswa yang berada di SMK Negeri 10 Semarang, SMK Negeri Jateng di Semarang, dan SMK Pelayaran Wira Samudera. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah skala psikologi resiliensi akademik dan skala psikologi kecerdasan spiritual. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji korelasional Product Moment Pearson. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa resiliensi akademik dan kecerdasan spiritual siswa secara umum berada pada kategori sedang, serta terdapat hubungan positif yang signifikan, dengan derajat korelasi yang kuat antara kecerdasan spiritual dengan resiliensi akademik siswa SMK di Semarang Utara. Artinya, semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa, maka semakin tinggi pula resiliensi akademiknya, dan sebaliknya semakin rendah kecerdasan spiritual siswa, maka semakin rendah pula resiliensi akademiknya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti berikan bagi guru BK yaitu untuk memberikan layanan dengan tujuan meningkatkan resiliensi akademik dan kecerdasan spiritual, serta menerapkan kebijakan yang mendukung perkembangan kecerdasan spiritual dan resiliensi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: resiliensi, resiliensi akademik, kecerdasan spiritual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:11
Last Modified: 26 Nov 2020 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41674

Actions (login required)

View Item View Item