PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PENCAK SILAT DI SD SEKECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019


Lailatul Wildayanti, 6102415011 (2020) PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PENCAK SILAT DI SD SEKECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PENCAK SILAT DI SD SEKECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019]
Preview
PDF (PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PENCAK SILAT DI SD SEKECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan non akademik yang bersifat positif bagi siswa siswi di sekolah yang dilaksanakan setelah jam pelajaran telah berakhir. Sekolah menyediakan wadah atau program yang bisa menyalurkan bakat atau minat siswa, dengan harapan siswa dapat meningkatkan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki agar dapat menjadi atlet yang berprestasi, karena prestasi tidak dapat diraih dengan waktu yang singkat sehingga memerlukan suatu proses pembinaan yang dilakukan sejak dini agar atlet dapat menyadari potensi yang ada dalam dirinya sendiri. Fokus masalah berfokus pada pengelolaan dan pengembangan ekstrakurikuler olahraga pencak silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dan pengembangan ekstrakurikuler olahraga pencak silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, maksudnya data yang terkumpul berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati (Meleong, 2010:4). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu di SDN Batursari 7, SD Muhammadiyah, SD Miftahul Hidayah, dan SD Ky Ageng Giri. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan ekstrakurikuler olahraga pencak silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak sudah berjalan dengan sangat baik sesuai dengan teori Junaidi (2003) dan Wahjoedi, dkk (2009:15) kesimpulan tersebut berdasarkan 1) Pengelolaan ekstrakurikuler olahraga pencak silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak sudah berjalan dengan sangat baik sesuai dengan teori Junaidi (2003: 63-64). 2) Pengembangan ekstrakurikuler olahraga pencak silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak sudah berjalan dengan sangat baik sesuai dengan teori Bompa (1994). Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pola pembinaan ekstrakurikuler olahraga pencak silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak sudah berjalan dengan sangat baik, dibuktikan dengan adanya prestasi-prestasi yang telah diraih oleh peserta didik dalam ajang perlombaan. Salah satu dari sekolah yang mewakili Kecamatan Mranggen telah berhasil meraih juara 2 pada ajang perlombaan tingkat POPDA Kabupaten selama 2 tahun berturut-turut, dengan target pada ajang perlombaan mendatang sekolah yang berhasil mewakili Kecamatan Mranggen dapat meraih juara 1 pada tingkat POPDA Kabupaten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Ekstrakurikuler Olahraga Pencak Silat di SD SeKecamatan Mranggen Kabupaten Demak
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2020 08:15
Last Modified: 25 Nov 2020 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41671

Actions (login required)

View Item View Item