PERAN PEMUDA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DI DESA SOKAWERA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA


Khalda Salsabila, 3401416009 (2020) PERAN PEMUDA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DI DESA SOKAWERA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN PEMUDA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DI DESA SOKAWERA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PERAN PEMUDA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DI DESA SOKAWERA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran pemuda merupakan hal penting dalam pelaksanaan program pembangunan desa. Desa Sokawera sebagai salah satu lembaga pemerintahan dan ujung tombak pemberian layanan kepada masyarakat memerlukan peran pemuda untuk mencapai tujuan dari pelaksanaan program pembangunan yang sudah direncanakan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui peran pemuda dalam pelasanaan program pembangunan di Desa Sokawera, 2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan di Desa Sokawera, 3) Mengetahui upaya untuk meningkatkan peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan di Desa Sokawera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Sokawera, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, sementara teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan desa yaitu menggunakan teori peran dari Katz dan Kahn dan Desain AGIL Struktural Fungsional dari Talcott Parsons. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan di Desa Sokawera dalam bidang fisik dan non fisik terbagi menjadi tiga macam, yaitu peran aktif, peran partisipatif, dan peran pasif. 2) Persepsi masyarakat terhadap peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan di Desa Sokawera yaitu peran pemuda dianggap penting, serta peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan dinilai belum maksimal. 3) Upaya untuk meningkatkan peran pemuda yaitu dengan adanya keterbukaan infromasi antara pemerintah desa dengan pemuda, membentuk forum kepemudaan desa, melibatkan pemuda dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, serta penyediaan pelatihan dan lapangan kerja untuk pemuda. Saran bagi pemerintah Desa Sokawera yaitu dengan melakukan sosialisasi program pembangunan desa secara menyeluruh kepada masyarakat, dan dapat lebih sering melibatkan pemuda dalam berbagai pelaksanaan program pembangunan desa. Bagi pemuda, diharapkan dapat lebih aktif mencari informasi dan inisiatif melakukan kegiatan yang bisa membantu kemajuan desa tanpa harus didorong terlebih dahulu oleh pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemuda, Program Pembangunan, Desa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:37
Last Modified: 24 Nov 2020 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41662

Actions (login required)

View Item View Item