PROYEK KEWARGANEGARAAN DALAM MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 DI SMP NEGERI 1 KELING KABUPATEN JEPARA


Tiara Wardana Putri, 3301416067 (2020) PROYEK KEWARGANEGARAAN DALAM MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 DI SMP NEGERI 1 KELING KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PROYEK KEWARGANEGARAAN DALAM MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 DI SMP NEGERI 1 KELING KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (PROYEK KEWARGANEGARAAN DALAM MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 DI SMP NEGERI 1 KELING KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum guru dalam mengajar masih menggunakan model pembelajaran yang hanya fokus pada guru. Hal ini membuat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran mudah bosan, pasif, dan tidak kritis. Dengan menerapkan model pembelajaran proyek kewarganegaraan peserta didik dapat mengembangkan kompetensi yang dimilikinya, meningkatkan daya kritis dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik, serta mampu berpartisipasi secara aktif dan kritis di lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pelaksanaan proyek kewarganegaraan dalam mata pelajaran PPKn sebagai pengembangan kompetensi abad 21 di SMP Negeri 1 Keling; (2) Faktor pendukung proyek kewarganegaraan dalam mata pelajaran PPKn sebagai pengembangan kompetensi abad 21 di SMP Negeri 1 Keling; (3) Hambatan apa saja yang dihadapi dalam proyek kewarganegaraan dalam mata pelajaran PPKn sebagai pengembangan kompetensi abad 21 di SMP Negeri 1 Keling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian meliputi guru PPKn dan peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 1 Keling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan proyek kewarganegaraan dalam mata pelajaran PPKn sebagai pengembangan kompetensi abad 21 di SMP Negeri 1 Keling. Dalam pelaksanaan pembelajaran proyek ini dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Faktor pendukung proyek kewarganegaraan ini meliputi guru sebegai fasilitator, melibatkan semua peserta didik untuk berpartisipasi, meningkatkan kompetensi, model proyek sangat menarik bagi peserta didik, tersedianya sarana dan prasarana, mendorong adanya kerjasama dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik, pengembangan student centered; (3) Hambatan yang dihadapi dalam proyek kewarganegaraan ini antara lain yaitu, waktu, kurangnya sumber dan media belajar, karakter peserta didik. Saran penelitian ini adalah (1) Peserta didik diharapkan meningkakan kompetensi 4C pada komponen creativity and inovation, agar dapat menyalurkan ide-ide kreatifnya dalam pembelajaran proyek; (2) Agar lebih meningkatkan lagi management kelas, dengan harapan kedepannya tidak ada peserta didik yang pasif lagi dalam pembelajaran; (3) Sekolah diharapkan dapat mendorong guru-guru untuk tertib dalam membuat perencanaan pembelajaran, dapat memanagement pelaksanaan pembelajaran dengan efisien, dan melakukan evaluasi pembelajaran setelah kegiatan pembelajaran di kelas selesai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proyek Kewarganegaraan, PPKn, Kompetensi Abad 21
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:14
Last Modified: 24 Nov 2020 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41654

Actions (login required)

View Item View Item