IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG


Fauziah Rizki Saputri, 6102413023 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurikulum 2013 yang masih membuat guru terkendala dalam proses pembelajaran tematik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah implementasi dari proses pembelajaran pada mata pelajaran Penjasorkes dalam kurikulum 2013. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Penjasorkes pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilain pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah 12 sekolah dasar di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Sumber data dalam penelitian ini ada 12 guru Penjasorkes dan 24 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif kualitatif diketahui dalam aspek perencanaan, guru sudah memiki RPP yang sudah disiapkan sebelum pembelajaran. Kendala dalam pembuatan RPP berdasarkan kurikulum 2013 untuk masing-masing guru berbeda-beda antara lain berkaitan dengan menyesuaikan kompetensi dasar, indikator dan buku sebagai sumber materi. Dalam aspek pelaksanaan, guru melakukan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Guru-guru tersebut telah melaksanakan pembelajaran dengan mendorong peserta didik untuk melakukan proses pengamatan, menanya mencoba menalar dan mengkomunikasikan, namun pada aspek menalar walaupun guru mendorong siswa untuk berdiskusi akan tetapi ada siswa yang masih kurang fokus dan apabila guru mendorong siswa untuk menyampaikan hasil pendapatnya cenderung siswa masih banyak yang diam. Pada aspek penilaian, guru sudah melakukan kegiatan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Simpulan pada penelitian ini adalah bahwa Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tembalang Kota Semarang memiliki rata-rata persentase sebesar 84%. Saran, guru untuk dapat membuat media pembelajaran atau memanfaatkan media pembelajaran dari internet agar dapat menarik minat dan motivasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Penjasorkes, Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:18
Last Modified: 23 Nov 2020 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41650

Actions (login required)

View Item View Item