SURVEI MINAT MASYARAKAT DEMAK MELAKUKAN AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI DI RUANG TERBUKA DI KABUPATEN DEMAK


Farakh Valda Nugraheni, 6101415092 (2020) SURVEI MINAT MASYARAKAT DEMAK MELAKUKAN AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI DI RUANG TERBUKA DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI MINAT MASYARAKAT DEMAK MELAKUKAN AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI DI RUANG TERBUKA DI KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (SURVEI MINAT MASYARAKAT DEMAK MELAKUKAN AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI DI RUANG TERBUKA DI KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa minat masyarakat melakukan aktivitas olahraga rekreasi di ruang terbuka di Kabupaten Demak sangat tinggi, melakukan aktivitas olahraga rekreasi di ruang terbuka di minati oleh semua kelompok usia dengan berbagai pilihan cabang olahraga dan berbagai fasilitas. Sehingga muncul rumusan masalah yaitu bagaimana minat masyarakat melakukan aktivitas olahraga rekreasi, bentuk-bentuk olahraga rekreasi, dan fasilitas di ruang terbuka di Kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat masyarakat melakukan aktivitas olahraga rekreasi, bentuk-bentuk olahraga rekreasi dan fasilitas yang ada di ruang terbuka di Kabupaten Demak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian survei yang bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan aplikasi SPSS 22. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase (DP). Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga di ruang terbuka publik. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 151 responden, sampel yang ada di alun-alun Simpang enam sebanyak 100 dan 51 di Taman kali tuntang lama. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan 151 responden didapatkan data yang menunjukan bahwa minat masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga rekreasi di ruang terbuka di Kabupaten Demak di kategorikan sangat tinggi dengan hasil presentase penelitian menunjukan angka 83,88%. Perhitungan berdasarkan usia menunjukan hasil usia anak-anak 84,12%, remaja 83,83%, dewasa 83,46%, dan orangtua 84,61%. Hasil penelitian di taman kali tuntang lama sebanyak 83,84% dengan rata-rata perhitungan usia menunjukan hasil anak-anak 81,44%, remaja 84,39%, dewasa 84,28%, dan orangtua 84,37%. Bentu-bentuk aktivitas olahraga yang ada jogging 35%, jalan kaki 34,43%, bermain sepak bola dan bermain bola voli 11,92%, beladiri karate dan boxing 10,59%, dan bersepeda 7,94%. Fasilitas olahraga yang ada meliputi jogging track, lapangan hijau, taman kebugaran, dan lintasan batu. Simpulan dari hasil penelitian adalah minat masyarakat Demak melakukan aktivitas olahraga rekreasi di ruang terbuka di Kabupaten Demak tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan hasil presentase 83,88%. Saran bagi pemerintah daerah Kabupaten Demak dapat menambah ruang terbuka yang bisa difungsikan untuk olahraga di setiap desa, bagi masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas olahraga rekreasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Masyarakat, Olahraga rekreasi, Ruang terbuka
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:45
Last Modified: 23 Nov 2020 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41645

Actions (login required)

View Item View Item