PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Syifaul Fida, 5403415029 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena mata pelajaran dasar kecantikan pada materi pengurutan wajah masih menggunakan media konvensional berupa modul dan siswa diwajibkan menghafal gerakan pengurutan berjumlah 24 gerakan massage dari permasalah itu peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui validitas dan mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media video animasi tutorial pada mata pelajaran dasar kecantikan sebelum dan sesudah menggunakan media animasi tutorial di kelas X Tata Kecantikan SMK Taman Siswa Kudus. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan metode pengembangan menggunakan model Borg and Gall, yang meliputi tahap (1) Analisis kebutuhan. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan. (4) Uji Ahli (5) Revisi awal. (6) Uji skala kecil. (7) Revisi akhir. (8) Uji skala besar. Teknik pemgumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Obyek penelitian media video animasi tutorial, subyek penelitian yaitu 30 siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Taman Siswa Kudus. Analisis data meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase yang didapat dari ahli materi 94,44%, ahli teknologi pendidikan 90,97%, dan ahli media 86,80%. Presentase dari ketiga para ahli termasuk dalam kriteria sangat layak, dapat dikatakan jika media pembelajaran layak untuk digunakan. Angket tanggapan siswa menyatakan jika media dalam kriteria sangat baik. Hal ini dibuktikan pada hasil rata-rata post-test yaitu 85,2, dibandingkan dengan rata-rata pre-test yang hanya 68,9 dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang dengan N-gain 0,52. Simpulannya yaitu uji validitas yang dilakukan ahli materi, ahli teknologi pendidikan dan ahli media menyatakan media pembelajaran vieo animasi tutorial valid digunakan sebagai media pembelajaran dengan kriteria sangat layak, serta berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pre-test dan post-test mengalami peningkatan dengan N-gain sedang. Saran dari peneliti untuk siswa agar media yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Dasar Kecantikan, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1 |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 06:06 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 06:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41639 |
Actions (login required)
View Item |