EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO EDUKATIF SANGGUL TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNNES


Rizki Aulia Utami, 5402415045 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO EDUKATIF SANGGUL TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO EDUKATIF SANGGUL TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNNES]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO EDUKATIF SANGGUL TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNNES) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah sanggul tradisional saat ini hanya memiliki sumber belajar berupa buku cetak yang memiliki kekurangan diantaranya adalah gambar skema yang sulit dipahami mahasiswa, sehingga untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari sanggul tradisional maka dibutuhkan media video yang dapat digunakan mahasiswa untuk belajar mandiri agar lebih memahami teknik pembuatan sanggul tradisional Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan efektifitas penggunaan media video edukatif sanggul tradisional dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan metode pengembangan menggunakan 4D, yaitu melalui tahap (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Dessemination. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Obyek penelitian yaitu media video edukatif sanggul tradisional, subyek penelitian 32 mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES angkatan 2018. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, Koefisien korelasi dan N-Gain. Media video edukatif divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli teknologi pendidikan dan angket efektivitas tanggapan/respon mahasiswa terhadap media video sanggul tradisional dan hasil belajar mahasiswa pada ranah kognitif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukan hasil dari ahli materi 79,1%, ahli media pembelajaran 91,6%, dan ahli teknologi pendidikan 77%. Untuk tanggapan mahasiswa terhadap media memperoleh hasil 87,5%. Dan hasil belajar pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai 87,12, sedangkan ranah psikomotorik memperoleh rata- rata nilai 76,88. Simpulan: validitas media video edukatif sanggul tradisional melalui ahli materi, ahli media pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan dengan rata-rata sangat valid (82,5%) dan efektivitas media video edukatif sanggul tradisional dalam uji Gain pada ranah kognitif memperoleh hasil dengan rata-rata sangat efektif (0,71), ranah psikomotorik dengan rata-rata efektif (0,59) dan untuk tanggapan mahasiswa terhadap media memperoleh hasil sangat efektif (82,5%). Saran: untuk pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran yang serupa adalah perlu menambah materi mengenai busana adat yang digunakan pada setiap sanggul daerah dan untuk membantu kegiatan belajar mengajar berlajan secara efektif sebaiknya dosen maupun mahasiswa dapat menggunakan video edukatif sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Video, Sanggul Tradisional.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:04
Last Modified: 23 Nov 2020 06:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41638

Actions (login required)

View Item View Item