APLIKASI PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BAHASA JAWA WILAYAH JAWA TENGAH UNTUK SMP KELAS VII BERBASIS ANDROID


Abdi M. Akhlaq, 5302415020 (2020) APLIKASI PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BAHASA JAWA WILAYAH JAWA TENGAH UNTUK SMP KELAS VII BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of APLIKASI PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BAHASA JAWA WILAYAH JAWA TENGAH UNTUK SMP KELAS VII BERBASIS ANDROID]
Preview
PDF (APLIKASI PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BAHASA JAWA WILAYAH JAWA TENGAH UNTUK SMP KELAS VII BERBASIS ANDROID) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi dunia pendidikan dimana dituntut pemanfaatan IPTEKS atau teknologi informasi dalam pembelajaran. Pembelajaran mulok di kelas yang masih menggunakan lisan dan buku kurang efektif. Sehingga perlu penggunaan media pembelajaran termasuk smartphone berbasis android. Penelitian ini berfokus pada pengembangan Aplikasi Pembelajaran berbasis android untuk materi Cerita Rakyat Bahasa Jawa pada siswa kelas VIIA SMP di SMP Negeri 2 Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Waterfall Model Linear. Dalam penelitian ini langkah yang dilalui meliputi Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Penulisan Kode Program, Pengujian Program, dan Implementasi Program. Pembuatan aplikasi menggunakan Adobe Animate dengan 3 macam pengujian, mencakup: pengujian ahli media, pengujian ahli materi, dan pengujian Functionality atau Uji Blackbox. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi Cerita Rakyat Bahasa Jawa masuk dalam kategori ―Layak‖ berdasarkan pengujian dan implementasi aplikasi. Dari pengujian Blackbox mendapatkan hasil 100%. Uji Ahli Media dan Uji Ahli Materi mendapatkan hasil 96,67%. Untuk hasil implementasi kepada pengguna mendapatkan skor 84,07% yang masuk kategori ―Layak‖.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Cerita Rakyat, Android
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:41
Last Modified: 23 Nov 2020 05:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41632

Actions (login required)

View Item View Item