APLIKASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) PADA AHASS HANDAYANI SEMARANG


Lailatul Khusna, 5302414017 (2020) APLIKASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) PADA AHASS HANDAYANI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of APLIKASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) PADA AHASS HANDAYANI SEMARANG]
Preview
PDF (APLIKASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) PADA AHASS HANDAYANI SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ahass Handayani Semarang merupakan bengkel resmi motor Honda yang bergerak dibidang jasa perawatan dan perbaikan sepeda motor. Survei kepuasan pelanggan tentunya dibutuhkan untuk mengetahui respon pelanggan terhadap kualitas layanan. Namun selama ini Ahass Handayani belum mempunyai alat survei kepuasan pelanggan. Survei masih dilakukan oleh Astra Motor menggunakan tele survey Ahass Customer Sectivation Level (ACSL) dengan metode sampling. Laporan rekap suara responden yang diberikan tidak dicantumkan keseluruhan. Besarnya persentase hasil survei yaitu 98% masih dikatakan buruk, sehingga metode perhitungan hasil survei Astra Motor dianggap kurang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi mobile survei berbasis Android yang terintegrasi dengan sistem informasi pengelolaan survei dan implementasi metode CSI untuk mengukur kepuasan pelanggan. Aplikasi survei dibangun menggunakan VueJS sedangkan sistem pengelolaan survei dibangun menggunakan framework Laravel. Analisis hasil survei dihitung menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). CSI merupakan analisis kuantitatif berupa persentase pelanggan yang senang dalam suatu survei kepuasan pelanggan. Aplikasi dan sistem survei kepuasan pelanggan yang dibangun dengan menggunakan metode CSI berhasil dilakukan. Hasil uji Blackbox yang dilakukan sudah sesuai dengan fungsionalitas aplikasi dan sistem. Implementasi CSI dapat diterapkan untuk menghitung hasil survei kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi mobile, Kepuasan Pelanggan, Customer Satisfaction Index (CSI).
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:37
Last Modified: 23 Nov 2020 05:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41631

Actions (login required)

View Item View Item