ANALISIS PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP PERFORMA SAYAP UAV MOHINDER UNNES


Rizky Purnama Aji, 5212415021 (2020) ANALISIS PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP PERFORMA SAYAP UAV MOHINDER UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP PERFORMA SAYAP UAV MOHINDER UNNES]
Preview
PDF (ANALISIS PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP PERFORMA SAYAP UAV MOHINDER UNNES) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada zaman sekarang teknologi semakin cepat berkembang seperti pada bidang kedirgantaraan, awalnya untuk melakukan pemetaan, pemantauan lalu lintas, pertahanan udara, serta untuk melihat fenomena alam harus menggunakan pesawat untuk mengetahui hal tersebut. Zaman sekarang telah berubah dengan dikembangkannya suatu Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak. Analisis yang banyak dilakukan pada UAV adalah bagian sayap, karena sayap merupakan salah satu sumber gaya angkat pada UAV. Analisis yang dilakukan pada sayap UAV diantaranya yaitu angle of attack, lift, drag, thrust, weight. Analisis pada sayap dimana untuk mengetahui batas maksimum angle of attack yang bertujuan untuk menghindari kehilangan gaya angkat (stall). Adapun untuk menunda terjadinya separation yaitu dengan penambahan vortex generator pada permukaan luar sayap. Peneliti melakukan penelitian terkait analisis aerodinamika pada UAV Mohinder UNNES yang memiliki misi untuk melakukan mapping and monitoring area perkebunan, untuk mengetahui lift dan drag maksimal yang dimiliki UAV Mohinder UNNES pada saat menggunakan vortex generator maupun tanpa vortex generator. Penelitian dilakukan dengan simulasi menggunakan software ANSYS, dengan variasi kecepatan 2, 4, 6, 8, 10 m/s dan angle of attack -15o; -10o; -5o; 0o; 5o; 10o; 15o. Hasil yang didapat bahwa dengan menggunakan vortex generator menghasilkan lift yang lebih besar. Sedangkan pada saat angle of attack negatif (landing) terdapat penurunan lift yang lebih stabil. Kecepatan terbaik tercapai pada 10 m/s dengan angle of attack tertinggi pada 15o dengan peningkatan nilai 1,333 N (33%). Sedangkan untuk drag pada sayap yang menggunakan vortex generator memiliki drag yang lebih rendah dibandingkan tanpa vortex generator. Pada kecepatan 8 m/s dan 10 m/s, dimana sayap tanpa vortex generator angle of attack -15o lebih rendah dibandingkan menggunakan vortex generator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: UAV, angle of attack, vortex generator, lift, drag
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:38
Last Modified: 23 Nov 2020 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41624

Actions (login required)

View Item View Item