PRODUKSI DAN PENGUJIAN ALAT STABILIZER RECURVE BOW


Zulfikar Amir Rahman, 5212415011 (2020) PRODUKSI DAN PENGUJIAN ALAT STABILIZER RECURVE BOW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRODUKSI DAN PENGUJIAN ALAT STABILIZER RECURVE BOW]
Preview
PDF (PRODUKSI DAN PENGUJIAN ALAT STABILIZER RECURVE BOW) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Panahan merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan pada olimpiade. Meskipun terdapat beberapa jenis panah, jenis recurve bow lah yang digunakan dalam kompetisiolimpiade. Komponenutamadari recurve bow ialah limb, riser dan stabilizer. Stabilizer dimodelkan sebagai batang elastis yang menyatu pada pegangan busur seperti balok kantilever yang berfungsi untuk meredam getaran dan menyeimbangkan busur. Tujuan penelitian ini adalah untuk memproduksi dan menguji alat stabilizer recurve bow. Stabilizer yang dijadikan acuan pada proses produksi adalah desain yang pernah dibuat mahasiswa sebelumnya untuk recurve bow. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dimana metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian material dan pengujian produk. Pengujian material digunakan untuk mengetahui kelayakan dari material yang digunakan dalam pembuatan alat sesuai dengan standar material tersebut. Pengujian material yang dilakukan yaitu pengujian komposisi material, pengujian bending dan pengujian tarik. Pengujian produk berisi tentang penilaian alat stabilizer recurve bow dari para validator (atlet panahan). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kekuatan bending ratarata pada spesimen stainless steel 304 yaitu 341 M.Pa, aluminium 6061 yaitu 137 M.Pa dan komposit yaitu 55 M.Pa, sedangkan kekuatan tarik rata-rata pada spesimen stainless steel 304 yaitu 526 M.Pa, aluminium 6061 yaitu 211 M.Pa dan komposit yaitu 150 M.Pa, dari hasil tersebut material sudah sesuai dengan standar, sehingga material sudah layak digunakan dalam pembuatan komponen-komponen alat stabilizer recurve bow. Pengujian produk menghasilkan alat stabilizer yang dapat berfungsi untuk meredam getaran dan menyeimbangkan busur, serta dapat digunakan pada panah berjenis recurve bow.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stabilizer, Recurve Bow, Pengujian Komposisi Material, Pengujian Bending, Pengujian Tarik, Pengujian Produk
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:09
Last Modified: 20 Nov 2020 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41614

Actions (login required)

View Item View Item