PENGARUH WAKTU PADA PROSES TRANSESTERIFIKASI TERHADAP KARAKTERISTIK BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL


Fida Nur Rahmat Kurniawan NIM.5202415088, 5202415088 (2020) PENGARUH WAKTU PADA PROSES TRANSESTERIFIKASI TERHADAP KARAKTERISTIK BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH WAKTU PADA PROSES TRANSESTERIFIKASI TERHADAP KARAKTERISTIK BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL]
Preview
PDF (PENGARUH WAKTU PADA PROSES TRANSESTERIFIKASI TERHADAP KARAKTERISTIK BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh waktu transesterifikasi terhadap karakteristik biodiesel, menguji adanya pengaruh penggunaan bahan bakar biodiesel terhadap performa mesin diesel, menguji biodiesel hasil dari proses trasesterifikasi terhadap kinerja pada performa mesin diesel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Alat yang digunakan untuk pembuatan biodiesel yaitu wadah plastic dan neraca digital. Alat pengujian karakteristik biodiesel menggunakan piknometer, viscometer bath, dan GCMS. Pengujian performa menggunakan alat dinamometer. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian yaitu : Minyak goreng, Metanol, KOH, mobil Isuzu Panther tahun 2012. Pada variasi waktu transesterifikasi diperoleh bahwa variasi waktu terbaik untuk proses tersebut adalah 60 menit menghasilkan viskositas 3,42 mm²/s demsitas 0,861 gr/ml dan kadar metil ester 98,61%. Torsi dan daya yang dihasilkan mengalami kenaikan pada bahan bakar B30 60 menit. Makin lama waktu pembuatan biodiesel akan semakin bagus hasil yang didapat dan akan berakibat pada makin besar torsi dan daya yang dihasilkan. Torsi maksimal yang berhasil didapat oleh campuran B-30 60 menit dimana torsi yang dihasilkan campuran biodiesel minyak goreng sebesar 122,59 Nm dan daya yang dihasilkan sebesar 55,93 kW. Sehingga pada penelitian selanjutnya bisa menggunakan variasi waktu yaitu 60 menit karena waktu terseut merupakan waktu terbaik sehingga hasil dari biodiesel proses transesterifikasi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: biodiesel, karakterisitik, daya, torsi, transesterifikasi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:25
Last Modified: 20 Nov 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41606

Actions (login required)

View Item View Item