PENGUJIAN KINERJA OIL COOLER STANDAR DAN RACING SERTA PENGARUH TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR


Andika Dwi Cahya, 5202415084 (2020) PENGUJIAN KINERJA OIL COOLER STANDAR DAN RACING SERTA PENGARUH TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGUJIAN KINERJA OIL COOLER STANDAR DAN RACING SERTA PENGARUH TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR]
Preview
PDF (PENGUJIAN KINERJA OIL COOLER STANDAR DAN RACING SERTA PENGARUH TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor sudah dilengkapi dengan sistem pendingin, akan tetapi belum bisa mengatasi panasnya mesin sepeda motor tersebut. Hal ini dikarenakan mesin sepeda motor masih menggunakan sistem pendingin dengan mengandalkan udara yang berhembus kesirip-sirip blok mesin, terutama sepeda motor lama. Penelitian ini untuk mengetahui pengujian kinerja oil cooler standar dan oil cooler racing dengan variasi putaran mesin terhadap torsi dan daya serta variasi waktu terhadap temperatur oli mesin pada sepeda motor Suzuki Satria FU 150cc. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian torsi dan daya dilakukan dengan menggunakan dynotest v3.3. Pengambilan data dilakukan pada putaran 4500, 6500, 8500, 10500 RPM. Dan untuk pengujian kinerja oil cooler dalam mendinginkan temperatur oli menggunakan alat thermocouple. Pengambilan data dilakukan dengan variasi waktu 5, 10, dan 15 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan oil cooler standar memperoleh torsi maksimal 13,84 N.m dan daya 15,8 HP. Sedangkan oil cooler racing menghasilkan torsi tertinggi 12,55 N.m dan daya 15 HP. Pada penggunaan oil cooler standar mampu mendinginkan temperatur oli 1,16°C, sedangkan menggunakan oil cooler racing mendinginkan temperatur oli sebesar 0,9°C. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa kinerja oil cooler standar lebih baik dibandingkan dengan oil cooler racing dalam meningkatkan performa mesin torsi dan daya serta dalam mendinginkan temperatur oli mesin sepeda motor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Oil cooler standar, Oil cooler racing, torsi, daya, temperatur oli
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:54
Last Modified: 20 Nov 2020 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41601

Actions (login required)

View Item View Item