“Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan “.

Happi Haristiana, 3364970391 (2005) “Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan “. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan “.) - Published Version
Download (263Kb)

    Abstract

    Keberadaan Bank konvensional yang ada mengutamakan sistem bunga dalam operasiolnalnya, sedangkan Bank Syariah tidak mengenal istilah bunga tetapi yang digunakan adalah istilah bagi hasil. Perbankan dengan sistem bagi hasil dirancang demi terbinanya kebersamaan dalam menanggung resiko dan berbagi hasil usaha antara pemilik dana yang menyimpan uangnya di bank, dengan bank selaku pengelola dana dan juga masyarakat yang membutuhkan dana yang bisa berstatus sebagai peminjam atau pengelola dana. Dengan pembiayaan yang diiringi dengan bimbingan pengelolaan modal dan usaha dapat membantu meningkatkan produktifitas usaha, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil. Hal ini yang melandasi penulis untuk mengambil judul “Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan“. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pedapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Populasi penelitian ini adalah nasabah BTM Surya Mentari yang memperoleh kredit bagi hasil jenis Mudhorobah, yang populasinya berjumlah 130 nasabah, sampelnya berjumlah 60 dan teknik samplingnya menngunakan teknik cluster proporsional random sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan metode adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y dipeoleh r hit sebesar 0,427 dan r tabel sebesar 0,254 yang berarti terdapat hubungan antara kredit bagi hasil terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil. Dari persamaan regresi sederhana diperoleh Y= 0,399 + 0,05682 X , Sedangkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji T diperoleh t hit sebesar 3,597 yang berarti bahwa Ha yang berbunyi ada pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan karanganyar Kabupaten Pekalongan “diterima”. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyampaikan saran antara lain perlunya penelitian lebih lanjut mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi pendapatan yaitu kesempatan kerja yang tersedia, kecakapan dan keahlian, motivasi kerja dan keuletan bekerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kredit Bagi Hasil, Peningkatan Pendapatan.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Mar 2011 02:37
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:00

    Actions (login required)

    View Item