IMPLEMENTASI 4C PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SEMARANG


Niky Eka Pratiwi, 2601416005 (2020) IMPLEMENTASI 4C PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI 4C PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI 4C PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi 4C pembelajaran bahasa Jawa di SMP Muhammadiyah 8 Semarang masih terpatok pada communication. Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran bahasa Jawa masih menggunakan metode ceramah, sehingga implementasi critical thinking, ceative, dan collaboration berjalan belum optimal. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang merangsang peserta didik untuk creative dan collaboration. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsi implementasi 4C pembelajaran bahasa Jawa di SMP Muhammadiyah 8 Semarang, (2) mendeskripsi kendala implementasi 4C, dan (3) mendeskripsi faktor pendukung implementasi 4C. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluasi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jawa SMP Muhammadiyah 8 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) guru bahasa Jawa di SMP Muhammadiyah 8 Semarang sudah mengimplementasikan 4C (critical thinking, creative, communication, dan collaboration) dalam pembelajaran dan sesuai dengan indikator, tetapi dalam keterampilan kreatif berjalan kurang baik, (2) kendala implementasi 4C terdiri dari kendala critical thinking, creative, collaboration, communication, dan kurangnya pendampingan dari MGMP, (3) faktor pendukung implementasi 4C yaitu jaringan internet, permainan edukasi, tes dan kuis, dan orang tua yang mendukung dan memantau pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh saran yaitu diharapkan guru mampu merancang dan menciptakan media pembelajaran yang mampu merangsang peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Menambah buku dan literatur bahasa Jawa, sehingga mampu menunjang implementasi 4C pembelajaran bahasa Jawa di SMP Muhammadiyah 8 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran 4C, pembelajaran bahasa Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:41
Last Modified: 20 Nov 2020 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41596

Actions (login required)

View Item View Item