KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL SAWISE LANGITE KATON BIRU KARYA YUNANI S.W.


Rizki Nur Setiami, 2601414104 (2020) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL SAWISE LANGITE KATON BIRU KARYA YUNANI S.W. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL SAWISE LANGITE KATON BIRU KARYA YUNANI S.W.]
Preview
PDF (KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL SAWISE LANGITE KATON BIRU KARYA YUNANI S.W.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebuah karya sastra khususnya novel tentu tidak hanya imajinatif, melainkan ada kontribusi dari kehidupan manusia tentang konflik-konflik dan permasalahan yang dihadapi. Salah satu novel yang memuat akan segala permasalahan tersebut ialah novel Sawise Langite Katon Biru (2013) karya Yunani S.W. Dalam novel Sawise Langite Katon Biru, pengarang lebih menonjolkan mengenai masalah psikis yang dialami oleh tokoh utamanya. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud untuk menganalisis konflik batin tokoh utama dalam novel Sawise Langite Katon Biru karya Yunani S.W. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Bentuk konflik batin tokoh utama novel Sawise Langite Katon Biru karyaYunani S.W. 2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi konflik batin tokoh utama novel Sawise Langite Katon Biru karya Yunani S.W. 3) Penyelesaian konflik batin tokoh utama novel Sawise Langite Katon Biru karya Yunani S.W. Penelitian ini menggunakan pendekatan tekstual. Teori yang digunakan adalah teori psikologi sastra kepribadian Sigmund Freud. Sumber data penelitian ini adalah novel Sawise Langite Katon Biru karya Yunani S.W. dengan jumlah halaman 100 halaman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca dan mencatat serta analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif interaktif. Hasil penelitian ini meliputi (1) Wujud konflik batin tokoh utama meliputi pertentangan antara pilihan tidak sesuai dengan keinginan, kebimbangan dalam menghadapi permasalahan, dan harapan tidak sesuai dengan kenyataan. (2) Faktor konflik batin tokoh utama terdiri dari dua hal, yaitu faktor internal dan eksternal. (3) Penyelesaian konflik batin tokoh utama meliputi sublimasi, represi, proyeksi, rasionalisasi. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu pertama, novel Sawise Langite Katon Biru karya Yunani S.W. layak dijadikan media pembelajaran Bahasa Jawa untuk jenjang SMA atau mahasiswa. Kedua, novel Sawise Langite Katon Biru karya Yunani S.W. dapat dijadikan rujukan khususnya bagi peneliti sastra sebagai bahan analisis lainnya. Dengan menemukan konflik dari sudut pandang berbeda, karya sastra ini dapat diangkat menjadi bahan penelitian lain, misalnya menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konflik batin, tokoh utama, psikologi sastra, psikoanalisis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:33
Last Modified: 20 Nov 2020 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41593

Actions (login required)

View Item View Item