APRESIASI ANAK MELALUI PROSES PEWARISAN KESENIAN BARONGAN DI SANGGAR KEJELING KABUPATEN KENDAL
Yasinta Prasetya Maharani, 2501416141 (2020) APRESIASI ANAK MELALUI PROSES PEWARISAN KESENIAN BARONGAN DI SANGGAR KEJELING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (APRESIASI ANAK MELALUI PROSES PEWARISAN KESENIAN BARONGAN DI SANGGAR KEJELING KABUPATEN KENDAL)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Sanggar Kejeling melakukan proses pewarisan terhadap Kesenian Barongan melalui proses apresiasi bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini menganalisis proses pewarisan Kesenian Barongan melalui apresiasi anak di Sanggar Kejeling Kabupaten Kendal. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menemukan proses pewarisan melalui apresiasi anak terhadap Kesenian Barongan di Sanggar Kejeling meliputi 2 unsur. Pertama ada proses pewarisan pada Kesenian Barongan yang dilakukan dengan 3 upaya yaitu perlindungan dengan cara melakukan latihan secara rutin, regenerasi dan pertemuan anggota Sanggar Kejeling , pemanfaatan dengan melakukan pementasan Kesenian Barongan dan pengembangan melalui perubahan dari segi bentuk penyajian Kesenian Barongan. Kedua proses apresiasi yang dilakukan ketika anak mengamati sebuah pertunjukan Kesenian Barongan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | apresiasi, anak, kesenian barongan, pewarisan |
Subjects: | N Fine Arts > NL Theater and Dance |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 01:20 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 01:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41591 |
Actions (login required)
View Item |