MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART (SIPA) OLEH KOMUNITAS SIPA DI SURAKARTA


Alvia Nur Vida, 2501415103 (2020) MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART (SIPA) OLEH KOMUNITAS SIPA DI SURAKARTA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART (SIPA) OLEH KOMUNITAS SIPA DI SURAKARTA]
Preview
PDF (MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART (SIPA) OLEH KOMUNITAS SIPA DI SURAKARTA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Solo International Performing Arts (SIPA) merupakan pergelaran seni pertunjukan di Surakarta dengan beragam seni pertunjukan berbentuk tari, musik, dan teater berasal dari seniman dalam negeri dan luar negeri. Solo International Performing Arts (SIPA) dikelola dengan sistem manajemen oleh Komunitas SIPA dibawah tanggung jawab Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi manajemen pergelaran seni pertunjukan Solo International Performing Arts (SIPA). Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara serta dokumentasi yang peneliti guna sebagai alat untuk memperoleh data. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penari kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sistem manajemen Solo International Performing Arts (SIPA) terdiri dari dua hal yaitu; (1) Unsur manajemen yang meliputi men, money, methods, materials, machines, dan market; (2) Proses manajemen Solo International Performing Arts (SIPA) yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan dan pengawasan. Bagi komunitas SIPA perlunya pengurus administrasi keuangan yang bersifat tetap selain sekretaris agar setiap pelaksanaan pertunjukan lebih efisien, bagi direktur SIPA perlu memberi wewenang kepada administrasi keuangan agar terjadi pembagian peran yang sesuai, perlunya menerap sistem kedisiplinan baru untuk relawan yang lolos mengikuti seleksi agar pengorganisasian kepanitiaan lebih maksimal, dan bagi Pemerintah perlu memberi alokasi dana sesuai dengan kapasitas pertunjukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Seni Pertunjukan, Solo International Performing Arts (SIPA)
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:03
Last Modified: 20 Nov 2020 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41587

Actions (login required)

View Item View Item