PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER REBANA DI SDN PLALANGAN 04 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Wahyu Dwi Kurniasari, 2501414125 (2020) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER REBANA DI SDN PLALANGAN 04 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER REBANA DI SDN PLALANGAN 04 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ekstrakurikuler rebana di SDN Plalangan 04 Gunungpati Semarang ini merupakan salah satu ekstrakurikuler yang sudah beberapa kali menjuarai kompetisi rebana tingkat SD. Alasan peneliti melalukan penelitian di SDN Plalangan 04 karena tertarik pada metode pembelajaran yang diterapkan, yaitu metode demonstrasi dan berdasarkan fenomena, ekstrakurikuler rebana di SDN Plalangan 04 selalu membuahkan hasil yang baik. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler rebana dengan menggunakan metode demonstrasi di SDN Plalangan 04. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran ekstrakurikuler rebana di SDN Plalangan 04 jika menggunkan metode demonstrasi. Penelitian ini bersifat kualitatif karena penelitian ini menggambarkan dan menceritakan situasi yang sebenarnya dilapangan. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Plalangan 04 Gununpati Semarang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi nonpartisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dan pembahasan metode demonstrasi dalam pembelajaran ekstrakurikuler rebana yang dikaji pada prinsip, petunjuk dan langkah-langkah dengan materi pembelajaran lagu Ya Habibal Qolbi serta pola iringan yang diterapkan oleh pelatih ekstrakurikuler di SDN Plalangan 04 adalah: (1) Pelatih memberikan penjelasan terhadap materi yang akan diajarkan; (2) pelatih menjabarkan materi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi; (3) pelatih mencontohkan materi pembelajaran; (4) pelatih meminta peserta didik mempraktekkan materi yang telah diajarkan dengan alat rebana. Sedangkan siswa menggunakan metode imitasi untuk menirukan apa yang telah dicontohkan dan diajarkan oleh pelatih Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan memori pada anak usia sekolah dasar hingga mencapai tahapan memori paling kuat jika dibandingkan dengan usia-usia lainnya. Rata-rata peserta didik mengandalkan daya ingat mereka dengan pola latihan yang diterapkan. Oleh karena itu, metode demonstrasi dalam pembelajaran ekstrakurkuler rebana digunakan untuk melatih ketrampilan peserta didik dalam bermain rebana. Disarankan bagi pelatih untuk meningkatkan referensi tentang pola irama rebana dan penambahan alat musik agar kreativitas peserta didik meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Pembelajaran Ekstrakurikuler Rebana |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 00:56 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 00:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41585 |
Actions (login required)
View Item |