PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN STRUKTUR ASET TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Indi Ristiyana, 7101416217 (2020) PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN STRUKTUR ASET TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416217.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Harga saham merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh investor sebagai acuan dalam menanamkan modalnya ke perusahaan. Penelitian yang terkait dengan harga saham menghasilkan berbagai temuan yang beragam. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas dan struktur aset terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Penelitan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 sampai 2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan hasil diperoleh sebanyak 87 unit analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21. Harga saham diukur dengan closing price. Hasil penelitian menunjukkan likuiditas dan struktur aset berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Likuiditas dan struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas dan Struktur aset tidak berpengaruh terhadap harga saham. Struktur modal hanya mampu menjadi variabel intervening likuiditas dengan harga saham. Simpulan penelitian yakni likuiditas dan struktur aset berpengaruh terhadap struktur modal. Likuiditas dan struktur modal berpengaruh tehadap harga saham. Struktur modal hanya mampu memediasi likuiditas dengan harga saham. Saran yang diberikan adalah diharapkan menjadikan struktur modal sebagai variabel intervening pada penelitian terhadap harga saham karena sruktur modal dapat memediasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa masih ada variabel penelitian yang tidak berpengaruh terhadap harga saham. Oleh karena itu penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi harga saham. Selain itu, untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan objek penelitian pada sektor yang lain, seperti manufaktur, perbankan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stock Price, Capital Structure, Liquidity, Profitability and Asset Structur
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Dec 2020 11:50
Last Modified: 17 Dec 2020 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41578

Actions (login required)

View Item View Item