PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA MELALUI MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


Silvyana Putri Ilma Ilhami, 7101416213 (2020) PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA MELALUI MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416213.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Laporan keuangan merupakan sumber informasi bagi pemilik perusahaan ataupun investor yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Salah satu cara untuk menilai kualitas laporan keuangan adalah dengan memperhatikan kualitas laba. Berdasarkan fenomena gap dalam penelitian ini, masih banyak kasus yang berkaitan dengan kualitas laba terutama yang disebabkan oleh manajemen laba. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atau dampak dari konservatisme akuntansi, corporate social responsibility disclosure, dan manajemen laba terhadap kualitas laba. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 sejumlah 49 perusahaan. Sedangkan sampel penelitian ini adalah sejumlah 34 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling merupakan teknik untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan data yang diambil dari laporan keuangan dan annual report perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan jika secara parsial konservatisme akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba, corporate social responsibility disclosure tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, manajemen laba berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laba, konservatisme akuntansi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, dan corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Ditemukan pengaruh tidak langsung antara corporate social responsibility terhadap kualitas laba melalui manajemen laba.Tidak ada bukti ditemukannya pengaruh tidak langsung antara konservatisme akuntansi terhadap kualitas laba melalui manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konservatisme akuntansi dan manajemen laba berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba dan manajemen laba mampu memediasi pengaruh positif corporate social responsibility disclosure terhadap kualitas laba. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah agar perusahaan memperhatikan penerapan prinsip konservatisme akuntansi dan praktik manajemen laba. Karena kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas laba perusahan agar semakin baik. Jika kualitas laba perusahaan terus meningkat akan berdampak baik bagi nilai dan keberlangsungan perusahaan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Corporate Social Responsibility Disclosure, Manajemen Laba, Kualitas Laba.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Dec 2020 12:55
Last Modified: 16 Apr 2024 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41577

Actions (login required)

View Item View Item