PERAN KONSEP DIRI DALAM MEMODERASI PENGARUH LITERASI EKONOMI, STATUS EKONOMI ORANG TUA, DAN MODERNITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Semarang)


Tiara Novityawati, 7101416180 (2020) PERAN KONSEP DIRI DALAM MEMODERASI PENGARUH LITERASI EKONOMI, STATUS EKONOMI ORANG TUA, DAN MODERNITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416180.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Perilaku Konsumtif pada kalangan remaja merupakan sebuah perbuatan yang digunakan untuk mencari jatidiri pada remaja dan akan berdampak pada kehidupan yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi, status ekonomi orang tua, dan modernitas terhadap perilaku konsumtif dengan konsep diri sebagai variabel moderasi pada siswa kelas XI IPS SMA negeri di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA negeri di Kota Semarang yang berjumlah 1.858 siswa. Berdasarkan populasi, sampel yang digunakan berjumlah 329 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Pengumpulan data diambil menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi moderasi dengan uji selisih mutlak. Hasil deskriptif variabel perilaku konsumtif adalah rendah, literasi ekonomi, status ekonomi orang tua dan modernitas tinggi, konsep diri sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Terdapat pengaruh variabel status ekonomi orang tua dan modernitas terhadap perilaku konsumtif. Tidak terdapat pengaruh konsep diri dalam memperkuat literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Terdapat pengaruh konsep diri dalam memperlemah status ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif. Tidak terdapat pengaruh konsep diri dalam memperlemah pengaruh modernitas terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMA negeri di Kota Semarang hanya dipengaruhi oleh status ekonomi orng tua dan modernitas.Variabel konsep diri sebagai moderasi hanya mampu memperlemah pengaruh status ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif. Saran yang diberikan adalah agar siswa mampu menghindari kegiatan berbelanja, menggunakan teknologi dengan selektif, dan mampu menontrol diri ketika terdapat diskon secara besar-besaran untuk menghindari perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Literasi Ekonomi, Status Ekonomi Orang Tua, Modernitas, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Dec 2020 13:17
Last Modified: 17 Dec 2020 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41571

Actions (login required)

View Item View Item