ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USE BEHAVIOR GO-PAY DENGAN BEHAVIORAL INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)


Asri Septiarani, 7101416127 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USE BEHAVIOR GO-PAY DENGAN BEHAVIORAL INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Go-Pay merupakan uang elektronik berbasis server yang paling banyak digunakan. Meskipun telah banyak mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang menggunakan Go-Pay sebagai alat transaksi namun sebagian mahasiswa belum pernah menggunakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa berminat dan menggunakan Go-Pay sebagai alat pembayaran. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang program sarjana angkatan 2016-2019 sebanyak 26.241 mahasiswa yang pernah menggunakan Go-Pay minimal dalam satu kali transaksi dengan proporsi sebesar 17%. Sehingga menggunakan rumus Lemeshow diperoleh sampel sebanyak 217 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan sampling insidental. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur dengan regresi berganda. Hasil menunjukkan faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior Go-Pay adalah social influence, facilitating conditions, price value dan behavioral intention. Sedangkan faktor yang tidak signifikan berpengaruh terhadap use behavior Go-Pay adalah performance expectancy, effort expectancy, hedonic motivation, habit, financial risk dan perceived trust. Faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention Go-Pay adalah social influence, hedonic motivation, habit dan perceived trust. Sedangkan faktor yang tidak signifikan berpengaruh terhadap behavioral intention Go-Pay adalah performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, price value dan financial risk. Social influence, habit dan perceived trust yang dimediasi behavioral intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior GoPay. Performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, hedonic motivation, price value dan financial risk yang dimediasi behavioral intention tidak signifikan berpengaruh terhadap use behavior Go-Pay. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan Go-Pay adalah pengaruh sosial, kondisi fasilitasi, nilai harga, dan minat. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan Go-Pay adalah pengaruh sosial, motivasi hedonis, kebiasaan, dan kepercayaan. Minat memediasi pengaruh sosial, kebiasaan, dan kepercayaan terhadap penggunaan Go-Pay. Saran dari penelitian ini bagi mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan penggunaan sistem pembayaran digital sehingga kehidupan masyarakat nontunai dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Go-Pay, Use Behavior, Behavioral Intention
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Dec 2020 14:05
Last Modified: 16 Apr 2024 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41557

Actions (login required)

View Item View Item