PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 PURWOREJO


Arum Handayani, 7101415339 (2020) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415339.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat adalah kecenderungan individu untuk tertarik pada suatu objek atau menyukai suatu objek. Siswa yang memiliki minat umumnya fokus pada objek yang diminati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Purworejo baik secara simultan maupun secara parsial. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Purworejo. Jumlah seluruh siswa kelas XII adalah 69 atau kurang dari 100 sehingga untuk sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Uji penelitian menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh negatif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 6 %. (2) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 10,2%. (3) kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah berpengaruh secara bersama-sama positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 13,5%. Saran bagi siswa agar mempersiapkan dirinya dengan baik ketika memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dikarenakan persaingan dimasa yang akan datang lebih ketat sehingga meskipun kondisi sosial ekonomi orang tua kurang motivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi harus ditumbuhkan. Beasiswa untuk masuk perguruan tinggi cukup banyak sehingga jika memiliki minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi lebih baik untuk mempersiapkan lebih matang. Bagi pihak sekolah diharapkan dapat meningkatkan upaya memotivasi siswa agar minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Minat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Jan 2021 14:27
Last Modified: 27 Jan 2021 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41531

Actions (login required)

View Item View Item