ADSORPSI DIMETIL FTALAT MENGGUNAKAN MOLECULARLY IMPRINTED POLYMER TERMODIFIKASI PARTIKEL MAGNETIT Fe3O4@ SiO2 (Fe3O4@SiO2@MIP)


Septia Ratna Sari, 4311415016 (2020) ADSORPSI DIMETIL FTALAT MENGGUNAKAN MOLECULARLY IMPRINTED POLYMER TERMODIFIKASI PARTIKEL MAGNETIT Fe3O4@ SiO2 (Fe3O4@SiO2@MIP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ADSORPSI DIMETIL FTALAT MENGGUNAKAN MOLECULARLY IMPRINTED POLYMER TERMODIFIKASI PARTIKEL MAGNETIT Fe3O4@ SiO2 (Fe3O4@SiO2@MIP)]
Preview
PDF (ADSORPSI DIMETIL FTALAT MENGGUNAKAN MOLECULARLY IMPRINTED POLYMER TERMODIFIKASI PARTIKEL MAGNETIT Fe3O4@ SiO2 (Fe3O4@SiO2@MIP)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ftalat merupakan senyawa kimia yang banyak digunakan sebagai pemlastik dalam banyak cabang industri dan digunakan dalam jumlah besar di beberapa negara seperti Indonesia. Salah satu jenis Ftalat yaitu Dimetil Ftalat (DMP). Dimetil Ftalat diketahui memiliki kemungkinan menyebabkan disfungsi sistem endokrin, hati, dan saraf sistem manusia dan hewan. Metode untuk mengurangi DMP pada limbah cair yang digunakan umumnya kurang spesifik dan kurang selektif terhadap DMP. Pada penelitian ini dikembangkan teknik preparasi berbasis Molecularly Imprinted Polymers (MIP) yang dapat digunakan sebagai adsorben selektif dan spesifik terhadap DMP. MIP dimodifikasi dengan partikel magnetik Fe3O4@SiO2 dan disintesis menggunakan DMP sebagai template, 2-Vinil Piridin (2VP) sebagai monomer, etilen glikol dimetakrilat (EGDMA) sebagai cross-linker dan asetonitril sebagai porogon dengan perbandingan mol rasio template:monomer:cross-linker sebesar 1:4:10 dengan suhu 80oC selama 3 jam. Bleaching template DMP dilakukan dengan proses sokletasi menggunakan pelarut n-heksana. Non-Imprinted polymer (NIP) dsintesis tanpa menggunakan template sebagai pembanding. Hasil polimerisasi dikarakterisasi menggunakan Fourier Transform Infra Red Spectroscopy (FTIR), Scanning Electron Microscopy (SEM) dan Difraktometer Sinar-X (XRD). Spektra FTIR menunjukan gugus fungsi spesifik DMP (-NH- dan -OH) pada MIP dan tidak tampak bila dibandingkan dengan spektra NIP. SEM menunjukan MIP memiliki pori dan bentuk lebih halus dan rapat dibandingkan dengan MIP dan XRD menunjukan bahwa MIP memiliki sifat mekanik yang lebih baik daripada NIP dengan ukuran kristal sebesar 2,576 nm untuk MIP dan 2,231 untuk NIP . Hasil adsorpsi DMP pada MIP dan NIP diperoleh dari hasil karakterisasi Gas Chromatography Mass Spectrometer (GCMS) dengan kondisi adsorpsi optimum pada pH 9, waktu kontak 60 menit, kapasitas adsorpsi maksimum (Qmaks) pada MIP dan NIP masing-masing sebesar 175,60 μg/mg dan 172,41 μg/mg dan lebih dominan mengikuti model isoterm adsorpsi Langmuir dan model kinetika reaksi orde dua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dimetil Ftalat (DMP), Molecularly Imprinted Polymers (MIP) , Fe3O4.SiO2, Adsorpsi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Nov 2020 06:45
Last Modified: 19 Nov 2020 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41519

Actions (login required)

View Item View Item