KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP N 2 MAGELANG


Erli Kurniawan, 3301416019 (2020) KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP N 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP N 2 MAGELANG]
Preview
PDF (KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP N 2 MAGELANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kerusakan lingkungan hidup menjadi salah satu permasalahan di Indonesia. Salah satu penyebab kerusakan lingkungan hidup dikarenakan kesalahan dalam pengelolaan sampah seperti membuang sampah sembarangan dan pembakaran sampah. Program bank sampah merupakan program yang mengajarkan pengelolaan sampah secara benar, sampah akan dikelola sehingga dapat mengurangi kerusakan lingkungan hidup bahkan menambah penghasilan masyarakat. Saat ini banyak sekolah di Indonesia yang menerapkan program bank sampah, diharapkan mampu memberikan pembelajaran bagi siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah secara benar. Adanya program bank sampah di sekolah dapat dijadikan sebagai salah satu upaya pendidikan karakter bagi siswa terutama karakter peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan bank sampah SMP N 2 Magelang, strategi pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa melalui program bank sampah di SMP N 2 Magelang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa melalui program bank sampah di SMP N 2 Magelang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilakukan di SMP N 2 Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dengan tahapan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pengelolaan bank sampah di SMP N 2 Magelang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pemilahan sampah, penyetoran sampah ke bank sampah, penimbangan, pencatatan, dan pengangkutan. Selain itu program bank sampah juga terintegrasi dengan kegiatan 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle; 2) pendidikan karakter di SMP N 2 Magelang melalui program bank sampah dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Strategi pendidikan karakter yang digunakan adalah keteladanan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, integrasi dan internalisasi, serta penegakan disiplin dengan penerapan reward and punishment; 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa melalui program bank sampah di SMP N 2 Magelang berasal dari internal dan eksternal sekolah. Faktor pendukung internal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepedulian terhadap lingkungan, Bank Sampah, Pendidikan karakter
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 19 Nov 2020 06:26
Last Modified: 19 Nov 2020 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41514

Actions (login required)

View Item View Item