PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA KELAS XI MIPA DENGAN KELAS XI IIS DI SMA GITA BAHARI SEMARANG


Chintya Rizky Amalia Damayanti, 7101415222 (2019) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA KELAS XI MIPA DENGAN KELAS XI IIS DI SMA GITA BAHARI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415222.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tugas pokok sekolah adalah menyiapkan siswa agar dapat mencapai perkembangannya secara optimal. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan peningkatan motivasi belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi antara siswa XI MIPA dengan XI IIS Di SMA Gita Bahari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas XI MIPA dan 16 siswa XI IIS dengan total jumlah 35 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Alat analisis yang digunakan untuk menguji istrumen menggunakan analisis validitas dan reliabililtas. Alat analisis yan digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas XI MIPA dalam mata pelajaran ekonomi masuk kategori baik, motivasi siswa kelas XI IIS dalam mempelajari mata pelajaran ekonomi masuk kategori baik, dan perbandingan motivasi belajar antara siswa XI MIPA dengan XI IIS mempunyai motivasi yang lebih baik untuk belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa kelas XI MIPA dalam mata pelajaran ekonomi masuk kategori sering ada motivasi belajar, motivasi siswa kelas XI IIS dalam mempelajari mata pelajaran ekonomi masuk kategori sering ada motivasi belajar, dan perbandingan motivasi belajar antara siswa XI MIPA dengan XI IIS mempunyai motivasi yang lebih baik untuk belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian selanjutnya diharapkan guru dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan sebagian besar motivasi siswa kelas XI IIS yang kurang dalam belajar mata pelajaran ekonomi dan mempertahankan motivasi dengan cara memberikan pujian dan menciptapkan suasana yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Ekonomi, Motivasi Belajar, Motivasi Siswa, Perbandingan Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Jan 2021 14:34
Last Modified: 27 Jan 2021 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41511

Actions (login required)

View Item View Item