PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN BUDAYA ETIS ORGANISASI TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016-2018)


Aminah Anna Wijayanti, 7101415001 (2020) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN BUDAYA ETIS ORGANISASI TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku etis merupakan perilaku yang ditunjukan oleh suatu individu atau sekelompok orang yang sesuai dengan nilai dan norma yang ada pada suatu masyarakat ataupun instansi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan budaya etis organisasi terhadap perilaku etis mahasiswa, dan peranlocus of controldalam memoderasi pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan budaya etis organisasi terhadap perilaku etis mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016,2017 dan 2018 yang berjumlah 321 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel digunakan rumus slovin dan diperoleh sampel berjumlah 179 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan intelektual dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa, kecerdasan emosional dan budaya etis organisasitidak berpengaruhterhadap perilaku etis mahasiswa.Locus of controltidak mampu memoderasi pengaruh kecerdasan intelektual dan budaya etis organisasi terhadap perilaku etis mahasiswa, locus of controlmampu mempengaruhi kecerdasan emosional terhadap perilaku etis mahasiswapendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Simpulan dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual dan locus of control secara parsial dapat mempengaruhi perilaku etis mahasiswa. Kecerdasan emosional dan budaya etis organisasi secara parsial tidak mempengaruhi perilaku etis mahasiswa, kemudian locus of control tidak mampu memoderasi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan budaya etis organisasi terhadap perilaku etis mahasiswa. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan untuk meningkatkan dan melatih dirinya untuk bersikap jujur dalam mengerjakan tugas maupun ujian, dan menciptakan serta memelihara lingkungan yang menimbulkan perilaku positif dan menerapkan tata tertib dan etika mahasiswa dengan baik untuk menciptakan perilaku yang etis dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Perilaku Etis, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Budaya Etis Organisasi, Locus Of Control
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Dec 2020 05:25
Last Modified: 21 Dec 2020 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41508

Actions (login required)

View Item View Item