PENGGUNAAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA DI SMA KOTA SEMARANG UNTUK MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0


Budiyono, 3201415037 (2020) PENGGUNAAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA DI SMA KOTA SEMARANG UNTUK MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGGUNAAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA DI SMA KOTA SEMARANG UNTUK MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0]
Preview
PDF (PENGGUNAAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA DI SMA KOTA SEMARANG UNTUK MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 atau yang disingkat RI. 4.0 sangat berimplikasi terhadap setiap aspek dalam kehidupan manusia termasuk aspek pendidikan. Tuntutan akan RI 4.0 sangat dirasakan dalam dunia Pendidikan yaitu siswa harus menguasai 4C yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication, and Colaboration. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan sumber belajar, mengetahui perbedaan kualitas sumber belajar yang digunakan, mengetahui kesulitan guru dan kesesuaian sumber belajar untuk menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini dilakukan di SMA Kota Semarang dengan sampel yaitu SMA Negeri 2, SMA Negeri 11, SMA Negeri 13, SMA IT Bina Amal, SMA PL Don Bosko, dan SMA Teuku Umar dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase dan Uji Chi Kuadrat. Hasil dari penelitian ini adalah Analisis Sumber Belajar yang digunakan oleh sekolah sampel pada penelitian ini menggunakan buku paket yang dikeluarkan Penerbit Erlangga dan Yudhistira, bedasarkan Uji Chi Kuadrat tidak ada perbedaan yang signifikan dari kualitas kedua buku tersebut sehingga Buku A dan Buku B sama-sama dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan buku paket tersebut bukan berarti pembelajaran di kelas tidak mengalami masalah, beberapa permasalahan yang masih menjadikan kesulitan guru dalam melakukan pembelajaran dengan tuntutan RI 4.0 diantaranya adalah (1) melakukan pembelajaran outdoor study, (2) Penggunaan laboratorium geografi, (3) menentukan model pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa, dan (4) penggunaan sumber belajar yang hanya berupa buku paket. Untuk menjawab tantangan RI 4.0 diperlukan sumber belajar yang mendukung, penelitian ini menemukan bahwa sumber belajar yang digunakan oleh guru masih kurang sesuai untuk menjawab tantangan RI 4.0 dalam pengujian kesesuaiannya hanya sebesar 63,63 % yang termasuk kedalam kategori cukup, beberapa point yang belum memenuhi syarat adalah (1) belum digunakannya sumber belajar melalui internet, (2) tidak terdapat fakta-fakta terkini, dan (3) tidak mendorong siswa untuk berkolaborasi. Saran dari penelitian ini yaitu perlu adanya pembuatan sumber belajar tambahan untuk melengkapi sumber belajar yang telah digunakan agar Pendidikan dapat menyelaraskan kemajuan teknologi, serta meningkatkan keterampilan siswa untuk dapat bersaing di era RI 4.0.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Revolusi Industri 4.0, Sumber Belajar, RPP, SMA Kota Semarang
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:07
Last Modified: 19 Nov 2020 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41488

Actions (login required)

View Item View Item