PEMBELAJARAN RAGAM HIAS MENGGUNAKAN TEKNIK PAPERCUT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 SEMARANG


Arif Sugiarto, 2401416026 (2020) PEMBELAJARAN RAGAM HIAS MENGGUNAKAN TEKNIK PAPERCUT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN RAGAM HIAS MENGGUNAKAN TEKNIK PAPERCUT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN RAGAM HIAS MENGGUNAKAN TEKNIK PAPERCUT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan media berkarya di SMP N 1 Semarang masih jarang dilakukan, padahal pengembangan media berkarya adalah salah satu cara untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran seni rupa dan dapat membuat siswa bebas berekspresi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi proses pembelajaran ragam hias menggunakan teknik papercut pada kelas VII F SMP N 1 Semarang dan (2) mengidentifikasi hasil karya pembelajaran ragam hias menggunakan teknik papercut pada kelas VII F SMP N 1 Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif menggunakan pengamatan terkendali, untuk memperkuat data penelitian peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pembelajaran ragam hias menggunakan teknik papercut pada kelas VII F SMP N 1 Semarang telah berhasil dilakukan dengan menghasilkan sejumlah karya dengan penilaian dalam beberapa kaetgori, pembelajaran ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pertama, tahap perencanaan adalah tahap guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, serta penutup. Ketiga adalah tahap evaluasi dalam pembelajaran ini menggunakan evaluasi proses dan hasil. (2) Pembelajaran tersebut menghasilkan sebanyak 34 karya ragam hias menggunakan teknik papercut dengan mencapai nilai rata-rata 81 dalam kategori baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) sebagai penunjang pembelajaran seni rupa, sebaiknya sekolah memiliki ruang keterampilan dan ruang pamer untuk menampilkan hasil-hasil karya siswa, (2) hendaknya guru selalu melakukan perbaruan dan inovasi dalam media berkarya seni rupa, dan (3) hendaknya calon peneliti mempersiapkan RPP dengan matang dengan mempertimbangkan estimasi waktu pengerjaan tugas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ragam Hias, Teknik Papercut
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2020 00:44
Last Modified: 19 Nov 2020 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41479

Actions (login required)

View Item View Item