KREATIVITAS BERKARYA MOZAIK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SAMPAH KULIT KERANG (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IV SDN GRINTING 1 KABUPATEN BREBES)


Syafaatunnisa Arba, 2401415057 (2020) KREATIVITAS BERKARYA MOZAIK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SAMPAH KULIT KERANG (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IV SDN GRINTING 1 KABUPATEN BREBES). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KREATIVITAS BERKARYA MOZAIK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SAMPAH KULIT KERANG (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IV SDN GRINTING 1 KABUPATEN BREBES)]
Preview
PDF (KREATIVITAS BERKARYA MOZAIK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SAMPAH KULIT KERANG (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IV SDN GRINTING 1 KABUPATEN BREBES)) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Seni Budaya dan Prakarya menjadi sub pembelajaran yang penting untuk mengembangkan kreativitas anak secara kelanjutan dengan cara mengajak anak untuk melakukan kegiatan bermanfaat. Anak dilatih untuk menjadi pribadi yang baik dan kreatif salah satunya dengan penggunaan media alternatif dalam berkarya, diharapkan mampu memacu antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran seni di kelas. Media sampah kulit kerang dimanfaatkan karena bentuk, ukuran dan warnanya dapat membuat siswa tertarik dalam mengkreasikan seni mozaik. Penelitian ini dilakukan dengan tuhuan; (1) mendeskripsikan proses berkarya kreatif dalam berkarya mozaik dengan media kulit kerang pada siswa kelas IV SDN Grinting 1 Kabupaten Brebes. (2) mendeskripsikan hasil karya kreatif dengan media kulit kerang pasa siswa kelas IV SDN Grinting 1 Kabupaten Brebes. Subjek penelitian yaitu siswa-siswa kelas IV SD Negeri Grinting 1 sebanyak 34 siswa dari 38 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang dilakukan meliputi statistik deskriptif, pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan berkarya mozaik dengan memanfaatkan kulit kerang oleh siswa kelas IV SD Negeri Grinting 01 memiliki kreativitas yang baik. Dalam menghasilkan karya mozaik siswa melalui tahap-tahap proses berfikir kreatif yang diantaranya: (1) Persiapan, (2) Inkubasi, (3) Iluminasi, dan (4) Verifikasi. Hasil karya mozaik siswa kelas IV bertemakan flora dan fauna. Dalam hasil karya siswa teknik mozaik tertuju pada objek gambar sehingga sebagian besar karya memiliki latar belakang yang kosong. Unsur visual dan prinsip desain, sebagian besar selaras/ harmoni. Keterampilan teknis sebagian besar memiliki kerapian baik. Saran yang direkomendasikan bagi guru, perlu memperhatikan adanya RPP dalam kegiatan pembelajaran. Memberikan kebebasan anak untuk menuangkan segala aktivitasnya dalam berkarya. Dengan dibatasi oleh tema yang telah ditentukan siswa tidak bisa bebas mengungkapkan pemikirannya, mereka cenderung terpaku pada tema. Mereka tidak bisa mengekpresikan ide/ gagasan yang diinginkan. Bagi sekolah, dapat memfasilitasi media bagi pembelajaran seni yang lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Seni Mozaik, Media, Sampah Kulit Kerang.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2020 00:27
Last Modified: 19 Nov 2020 00:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41478

Actions (login required)

View Item View Item