PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP LOYALITAS GURU DAN KINERJA GURU DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG


Dhenok Afrianingrum, 7101416173 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP LOYALITAS GURU DAN KINERJA GURU DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416173.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Loyalitas guru dapat dilihat melalui ketaatan dan tanggung jawab seorang guru terhadap pekerjaannya. Sementara kinerja guru dapat dilihat dari seberapa besar guru dalam menguasai kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan. Berdasarkan observasi awal didapatkan fakta adanya turnover guru setiap tahun, dan masih terdapat guru yang tidak menaati jam bekerja serta kurangnya kesiapan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran sehingga proses belajar menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengungkap adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, dan motivasi kerja terhadap loyalitas guru dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang yang berjumlah 44 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif persentase dengan bantuan program IBM SPSS 20. Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda pada penelitian ini diperoleh persamaan LG=7,315+0,194 KP+0,715 KO+0,268 MK dan KG=13,244+0,438 KP+0,856 KO+0,758 MK-0,600 LG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas guru. Kemudian, kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan loyalitas guru berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja guru. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh parsial dan simultan kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, dan motivasi kerja terhadap loyalitas guru dan kinerja guru di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah kepala sekolah lebih berinovasi lagi dalam melakukan pengembangan sekolah. Kemudian adanya sifat saling percaya antara pihak sekolah dan guru, serta perlu adanya perbaikan fasilitas penunjang proses belajar mengajar agar memperlancar proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompensasi, Motivasi Kerja, Loyalitas Guru, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:05
Last Modified: 18 Nov 2020 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41477

Actions (login required)

View Item View Item