PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN, KOLEKSI BUKU, DAN PERAN GURU TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS XI DI PERPUSTAKAAN SMK HIDAYAH SEMARANG


Erwin Purwanti, 7101416159 (2020) PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN, KOLEKSI BUKU, DAN PERAN GURU TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS XI DI PERPUSTAKAAN SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416159.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Minat baca siswa di SMK Hidayah Semarang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya data kunjungan siswa di perpustakaan SMK Hidayah Semarang. Jumlah pengunjung perpustakaan setiap bulan mengalami fluktuasi dengan persentase pengunjung di bawah 15% dari total 347 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan, koleksi buku, dan peran guru terhadap minat baca siswa kelas XI di perpustakaan SMK Hidayah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Hidayah Semarang, dan 107 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan total sampling, artinya seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain hipotesis kausalitas. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan F hitung sebesar 91,804 dengan persamaan Y= 5,763 + 0,166 X1 + 0,311 X2 + 0,194 X3 + e. Ketiga variabel terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca. Pengaruh pelayanan perpustakaan sebesar 10,24%, koleksi buku sebesar 19,80%, peran guru sebesar 8,41%. Sedangkan besarnya pengaruh simultan adalah 72%. Simpulan dari penelitian ini ialah ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan pelayanan perpustakaan, koleksi buku, dan peran guru terhadap minat baca. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien pelayanan perpustakaan sebesar 0,166, koleksi buku sebesar 0,311, peran guru sebesar 0,194 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Sedangkan pengaruh simultan dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,72 dengan nilai signifikan 0,003. Oleh karena itu, petugas perpustakaan hendaknya mengadakan lomba yang berkaitan dengan minat baca siswa seperti lomba membaca cepat, meringkas buku, dan story telling minimal satu kali dalam setahun; pihak sekolah hendaknya melakukan kerjasama dengan pemerintah, penerbit, masyarakat, orang tua siswa, atau alumni, dalam meningkatkan koleksi buku terutama buku fiksi; guru hendaknya memanfaatkan perpustakaan ketika pembelajaran meliputi melakukan pembelajaran di perpustakaan, menggunakan media pembelajaran yang bersumber dari perpustakaan seperti buku, majalah, koran, peta, dan alat peraga lainnya; serta memberikan tugas seperti membuat kliping, makalah, artikel, ringkasan materi, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Perpustakaan, Koleksi Buku, Peran Guru, dan Minat Baca.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:56
Last Modified: 18 Nov 2020 07:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41476

Actions (login required)

View Item View Item