EKSTRAKSI JANTUNG PISANG UNTUK FABRIKASI DYE- SENSITIZED SOLAR CELL MENGGUNAKAN IRADIASI GELOMBANG MIKRO


Laras Ati, 4211415035 (2020) EKSTRAKSI JANTUNG PISANG UNTUK FABRIKASI DYE- SENSITIZED SOLAR CELL MENGGUNAKAN IRADIASI GELOMBANG MIKRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EKSTRAKSI JANTUNG PISANG UNTUK FABRIKASI DYE- SENSITIZED SOLAR CELL MENGGUNAKAN IRADIASI GELOMBANG MIKRO]
Preview
PDF (EKSTRAKSI JANTUNG PISANG UNTUK FABRIKASI DYE- SENSITIZED SOLAR CELL MENGGUNAKAN IRADIASI GELOMBANG MIKRO) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembuatan dye-sensitized solar cell yaitu nilai efisiensi yang masih relatif kecil dibandingkan sel surya konvensional berbahan silikon, sehingga dalam penelitian ini digunakan iradiasi gelombang mikro dalam proses pelapisan ekstrak jantung pisang, dengan tujuan agar pigmen antosianin yang terserap dalam elektroda kerja lebih banyak sehingga intensitas energi matahari yang diserap dan nilai efisiensi DSSC diharapkan menjadi lebih besar. Proses ekstraksi jantung pisang dilakukan dengan menghancurkan jantung pisang yang dicampur dengan pelarut. Ekstrak jantung pisang dibuat dalam lima variasi fraksi massa jantung pisang. Ekstrak jantung pisang yang dihasilkan dikarakterisasi menggunakan FTIR untuk mengetahui kandungan antosianinnya, dan dilanjutkan karakterisasi menggunakan Ocean Optic Vis-Nir USB 4000 untuk mengetahui sifat optiknya. Hasil karakterisasi menunjukkan absorbansi maksimum 1,7353 pada fraksi massa 0,45. Proses iradiasi dilakukan menggunakan Electrolux Microwave (EMM 2308X) pada daya 150 Watt. Setelah sandwich DSSC tersusun, sampel dikarakterisasi menggunakan I-V meter Nacrieble 101 untuk mengetahui sifat listriknya. DSSC yang tidak diiradiasi gelombang mikro memiliki efisiensi sebesar 3,69 × 10-6 %, sedangkan DSSC yang diiradiasi gelombang mikro memiliki efisiensi maksimum sebesar 0,57 %. Hal ini membuktikan bahwa iradiasi gelombang mikro dapat meningkatkan performa DSSC. Selain karakterisasi sifat optik dan sifat listrik, dalam penelitian ini dilakukan pula karakterisasi dengan Scanning Electron Microscophy untuk mengetahui struktur permukaan sampel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DSSC, Jantung pisang, Iradiasi gelombang mikro
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 05:12
Last Modified: 18 Nov 2020 05:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41471

Actions (login required)

View Item View Item