Mohon utk halaman pengesahan dan pernyataan keaslian tulisan hrs di scan fullllll per lembar (Retma)


Isma Khoirunnisa, 4201416021 (2020) Mohon utk halaman pengesahan dan pernyataan keaslian tulisan hrs di scan fullllll per lembar (Retma). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mohon utk halaman pengesahan dan pernyataan keaslian tulisan hrs di scan fullllll per lembar (Retma)]
Preview
PDF (Mohon utk halaman pengesahan dan pernyataan keaslian tulisan hrs di scan fullllll per lembar (Retma)) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa materi gerak parabola dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA di MA Al-Asror Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan didapatkan kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, keduanya sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, dan soal pretest-posttest. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peningkatan minat belajar diperoleh nilai n-gain kelas X MIPA 1 sebesar 0,0865 dan n-gain kelas X MIPA 2 sebesar 0,0143. Peningkatan pemahaman konsep diperoleh nilai n-gain kelas X MIPA 1 sebesar 0,589 dan n-gain kelas X MIPA 2 sebesar 0,665. Peningkatan pemahaman konsep katogeri sedang. Disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika materi gerak parabola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Konsep, Gerak Parabola
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:23
Last Modified: 18 Nov 2020 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41466

Actions (login required)

View Item View Item