PENGGUNAAN TRACKER PADA MATERI PEMBELAJARAN GERAK PARABOLA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA


Pascal Sulistiyo Wibowo, 4201415084 (2020) PENGGUNAAN TRACKER PADA MATERI PEMBELAJARAN GERAK PARABOLA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN TRACKER PADA MATERI PEMBELAJARAN GERAK PARABOLA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA]
Preview
PDF (PENGGUNAAN TRACKER PADA MATERI PEMBELAJARAN GERAK PARABOLA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan siswa pada penggunaan pendekatan ilmiah, seperti halnya dalam pembelajaran fisika yang erat hubungannya dengan fenomena alam yang dapat dijelaskan kedalam berbagai macam bentuk representasi. Berbagai macam bentuk representasi tersebut adalah representasi dalam bentuk gambar, tabel, kalimat, grafik dan lainnya. Fokus dari penelitian ini adalah representasi dalam bentuk grafik Berdasarkan data PISA tahun 2015 menyatakan bahwa kemampuan interpretasi grafik pada siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan interpretasi grafik siswa adalah dengan menggunakan media tracker, selain dapat meningkatkan kemampuan interpretasi grafik siswa, tracker dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, seperti tuntutan yang ada pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tracker terhadap kemampuan interpretasi grafik siswa pada materi pembelajaran gerak parabola. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang. Untuk menentukan kelas digunakan teknik simple random sampling, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 dengan jumlah sampelnya adalah 24 siswa. Sebelum siswa melakukan eksperimen menggunakan tracker, siswa diberikan pengenalan dan simulasi terlebih dahulu sebelum melakukan eksperimen menggunakan tracker, serta diberikan pretest. Pada saat eksperimen, siswa diberikan video dengan berbagai macam variasi sudut dan setelah eksperimen selesai, siswa diberikan soal posttest. Untuk mengetahui kemampuan interpretasi grafik siswa sebelum dan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan media tracker, maka digunakan instrumen yang berupa soal pilihan ganda. Adapun untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran gerak parabola menggunakan bantuan media tracker, maka digunakan angket respon siswa terhadap tracker. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan software tracker dalam peningkatan kemampuan interpretasi grafik siswa pada materi gerak parabola. Hasil tersebut dilihat dari uji t yang nilai probabilitas pada penelitian ini adalah 0,00. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima. Hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,45 yang masuk dalam kategori sedang. Untuk respon siswa terhadap tracker terdapat 71% siswa dengan respon tinggi dan 29% siswa dengan respon sangat tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan tracker pada materi gerak parabola berpengaruh positif terhadap kemampuan interpretasi grafik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tracker, Gerak Parabola, Kemampuan Interpretasi Grafik Siswa
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:13
Last Modified: 18 Nov 2020 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41464

Actions (login required)

View Item View Item