PENGARUH SCHOOL ENGAGEMENT, RELIGIUSITAS, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi di Universitas Negeri Se-Kota Semarang Angkatan 2019)


Rufaida, 7101416117 (2020) PENGARUH SCHOOL ENGAGEMENT, RELIGIUSITAS, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi di Universitas Negeri Se-Kota Semarang Angkatan 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416117.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Resiliensi akademik yang dimiliki mahasiswa akan menjadikannya memiliki kemampuan untuk bertahan terhadap kondisi-kondisi akademik yang tidak diharapkan terjadi pada dirinya dengan melakukan improvisasi, penyesuaian diri, dan merespon secara positif, sehingga mampu untuk menghadapi, mencegah, meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak-dampak negatif yang mungkin terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh school engagement, religiusitas, dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik dan peran locus of control dalam memoderasi pengaruh school engagement, religiusitas, dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis (hypothesis study). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi dan pendidikan akuntansi universitas negeri se-Kota Semarang angkatan 2019 dengan latar belakang SMA IPS. Jumlah sampel sebanyak 187 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan voluntary sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis deskriptif menunjukkan resiliensi akademik dalam kategori tinggi, school engagement dalam kategori tinggi, religiusitas dalam kategori sangat tinggi, teman sebaya dalam kategori mendukung, dan locus of control dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial school engagement, religiusitas, dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik. Kemudian, locus of control secara signifikan dapat memperkuat pengaruh school engagement terhadap resiliensi akademik namun tidak dapat memperkuat pengaruh religiusitas dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik. Simpulan penelitian ini parsial school engagement, religiusitas, dan teman sebaya berpengaruh terhadap resiliensi akademik. Sedangkan, locus of control dapat memoderasi school engagement terhadap resiliensi akademik dan tidak dapat memoderasi religiusitas dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik. Saran yang diajukan adalah mahasiswa diharapkan antusias dalam meningkatkan wawasan akademik, membentuk dan memperbanyak diskusi kelompok dalam pembelajaran, bertanya dan mencari bantuan bila menghadapi kesulitan akademik, membuat rencana dan evaluasi belajar, mampu bersabar ketika menghadapi masalah akademik, tidak mudah menyerah dan panik ketika menghadapi permasalahan akademik, serta senantiasa berpikir positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, School Engagement, Religiusitas, Teman Sebaya, Locus of Control.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:23
Last Modified: 18 Nov 2020 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41460

Actions (login required)

View Item View Item