PENGARUH PENGALAMAN BERORGANISASI, LITERASI EKONOMI, DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017 DAN 2018)


WIDYA NOER LAILA, 7101416074 (2020) PENGARUH PENGALAMAN BERORGANISASI, LITERASI EKONOMI, DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017 DAN 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416074.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis adalah upaya pendalaman kecerdasan membandingkan beberapa masalah yang sedang terjadi dan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang masuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pengalaman berorganisasi, literasi ekonomi, dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berpikir kritis (studi pada mahasiswa juruan pendidikan ekonomi FE UNNES angkatan 2017 dan 2018) baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNNES angkatan 2017 dan 2018 dengan populasi sebanyak 618 mahasiswa. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Proportionate Stratifed Random Sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman berorganisasi, literasi ekonomi, dan kebiasaan membaca secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 52,9% dan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini, dan secara parsial (1)pengalaman berorganisasi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 26,83% (2) literasi ekonomi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 19,27% (3)kebiasaan membaca berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 7,4%. Saran dari penelitian ini yaitu ketika pembelajaran berlangsung, mahasiswa tidak menerima begitu saja suatu pernyataan sebelum adanya bukti-bukti dan argument yang mendasari pernyataan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Berorganisasi, Literasi Ekonomi, Kebiasaan Membaca, dan Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:48
Last Modified: 18 Nov 2020 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41455

Actions (login required)

View Item View Item