PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN


Abdul Muthohar, 7101416060 (2020) PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416060.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran penting dalam mendukung kegiatan perkuliahan, karena laboratorium administrasi perkantoran merupakan sarana bagi mahasiswa administrasi perkantoran untuk mendalami ilmu pengetahuan di bidang administrasi perkantoran. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang dipilih menjadi lokasi penelitian karena berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan beberapa hambatan dalam pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran yang mengakibatkan kegiatan perkuliahan terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari 22 informan, terdiri atas Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian, Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Kepala Laboratorium Pendidikan Ekonomi, Dosen Pengampu Mata Kuliah Praktik, dan Mahasiswa Administrasi Perkantoran 2016-2017. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling dan purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran tersebut belum sepenuhnya berjalan dengan baik, peralatan dan perlengkapan kebutuhan yang tidak tersedia tepat waktu, belum tersedia teknisi khusus laboratorium administrasi perkantoran, kapasitas peralatan dan perlengkapan yang tidak sesuai jumlah mahasiswa, peralatan dan perlengkapan yang rusak dan bermasalah, serta pengawasan yang belum dilaksanakan secara maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini, pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran sebagai penunjang perkuliahan telah menerapkan alur pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran namun dalam praktiknya belum optimal. Saran yang diberikan adalah mengusahakan ketersediaan peralatan dan perlengkapan laboratorium, menunjuk atau mengadakan teknisi khusus laboratorium administrasi perkantoran, menyusun jadwal perkuliahan sesuai dengan kuantitas dan kapasitas ruangan, menyusun jadwal pemeliharaan peralatan dan perlengkapan, dan menyusun standar pengawasan dan jadwal pengawasan sehingga pengelolaan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Laboratorium, Administrasi Perkantoran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:43
Last Modified: 18 Nov 2020 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41454

Actions (login required)

View Item View Item