FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTRIBUSI PEKERJA WANITA DALAM PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Nur Umi Rahma Faizah, 7101416058 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTRIBUSI PEKERJA WANITA DALAM PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416058.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyerapan tenaga kerja pada perusahaan garmen di Indonesia masih didominasi kaum wanita. Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dipilih sebagai obyek penelitian karena memiliki jumlah pekerja wanita di perusahaan garmen paling banyak di Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama kerja, umur, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan tehadap kontribusi pekerja wanita dalam pendapatan keluarga. Populasi penelitian ini yaitu pekerja wanita perusahaan garmen yang berdomisili di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik incidental sampling dengan total sampel 294 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan lama kerja, umur, tingkat pendidikan dan jumlah tanggungan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kontribusi pekerja wanita dalam pendapatan keluarga di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Secara parsial tingkat pendidikan dan jumlah tanggungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kontribusi pekerja wanita dalam pendapatan keluarga di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Variabel umur secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kontribusi pekerja wanita dalam pendapatan keluarga di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Variabel lama kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap kontribusi pekerja wanita dalam pendapatan keluarga di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini mengungkap bahwa pekerja wanita di perusahaan garmen memiliki peran dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Saran dalam penelitian ini meliputi (1) bagi perusahaan garmen di Kabupaten Pemalang, diharapkan mampu mempertahankan dan mampu menambah kebijakan yang memihak kepada pekerja, dan (2) bagi pekerja wanita disarankan agar mempunyai keahlian atau pekerjaan sampingan dengan tujuan untuk menambah pendapatan yang didapatkan, sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lama Kerja, Umur, Tingkat Pendidikan, Jumlah Tanggungan, Kontribusi Pekerja Wanita
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:32
Last Modified: 18 Nov 2020 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41453

Actions (login required)

View Item View Item